Sabtu, 13 April 2013

Akhlak Remaja Islam

Islam
Islam (Photo credit: Wikipedia)
Sahabat blogger, kali ini A Febrianto Blog akan memposting mengenai bagaimana menjadi akhlak remaja islam yang baik dan benar. Dari segi berbicara, bergaul, menuntut ilmu dll. Oke mari kita bahas saja..
Para remaja muda-mudi adalah warisan bagi masa depan. Mereka adalah aset yang berharga agar agama Islam tetap  dihayati dan dipraktikkan oleh masyarakat Islam di masa yang akan datang.
Alhamdulillah, sekarang sudah banyak contoh-contoh yang baik yang bisa kita ambil sebagai teladan. Kita mempunyai golongan muda-mudi Islam yang bisa menjadi kebanggaan dan harapan masyarakat. Dan sekarang kita melihat semakin ramai anak muda kita yang mempunyai kesadaran dan penghayatan terhadap agama Islam.
Akan tetapi masih banyak di kalangan remaja kita yang terbawa budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai murni Islam. Sebagai contoh, setiap tahun lebih dari 100 pasangan Islam mendaftarkan diri untuk menikah dengan calon istri yang sudah hamil. Sebagian besar di antara mereka akan melahirkan anak di luar nikah sementara sebagian kecil menggugurkan kandungan mereka. Semakin banyak remaja kita yang tanpa segan dan malu membuka aurat mereka. Malah ada yang lebih berani lagi. Mereka berdua-duaan dan berkelakuan tidak senonoh di tempat umum.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar masa muda terlindungi dari kerusakan akhlak:

1. Bicara dengan baik dan benar
Seorang muslim harus berbicara dengan akal sehat, harus bicara dengan benar dan bijaksana. Banyak berzikir dan berdoa lebih diutamakan daripada membicarakan keburukan orang lain.

2. Pandai menggunakan waktu
Seorang muslim pantang membuang waktu untuk bermain dan melakukan hal yang tak berguna. Seorang muslim lebih baik menggunakan waktunya untuk beribadah, membaca Al-Quran dan mengaji daripada nongkrong, nonton film atau begadang.

3. Jangan banyak melamun dan berkhayal
Muslim yang kuat adalah selalu ingat akhirat dan bekerja keras. Sebaliknya, muslim yang lemah adalah yang hanyut karena nafsu dan suka berkhayal.

4. Memilih teman bergaul yang baik
Seorang muslim hendaknya memilih teman yang baik akhlaknya, berbudi luhur, taat pada ajaran Islam, meskipun dari keluarga miskin dan bukan atas dasar kekayaan.

5. Menuntut ilmu sebagai ibadah
Dalam menuntut ilmu hendaknya jangan bertujuan untuk mencari uang atau kedudukan atau agar kelak di kemudian hari menjadi orang kaya dan terkenal seperti mendapatkan pujian orang karena memiliki berbagai titel. Pencari ilmu hendaknya menjadikan tujuan menuntut ilmu sebagai ibadah.

6. Banyak membaca buku ilmu agama
Seorang muslim hendaknya memilih bacaan yang baik dan bermanfaat. Jangan terlalu banyak berkhayal dengan membaca komik, novel percintaan yang tidak bermutu karena akan menyebabkan otak kita akan penuh dengan angan-angan karena dijejali cerita bohongan dan maksiat. Bacalah buku-buku Islam yang bermutu, majalah-majalah Islam. Pandai dalam ilmu agama berarti merintis jalan terbaik menuju surga.

Cukup sekian ya dari saya. Semoga artikel 'akhlak remaja islam' ini bermanfaat banget buat teman-teman blogger. Dan jangan lupa komentarnya, oke.
Wassalam :D

kata kunci: akhlak Islam, pengertian akhlak, buku buku Islam
Enhanced by Zemanta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar