Saturday 11 March 2017

Tingkatan-tingkatan Manusia

Assalamu'alaikum
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tingkatan-tingkatan manusia di dunia ini. Jadi manusia dibagi menjadi 4 tingkatan, yaitu:

1. Yang pertama, Allah berikan kepadanya ilmu dan harta. Luar biasa, sudah cerdas, gagah, pintar, kemudian kaya raya. Dan kata Nabi SAW, "Dia habiskan keduanya di jalan Allah." Ilmunya diajarkan, kemudian juga hartanya diinfakan. Beruntunglah golongan ini dan diridhoi oleh Allah swt.

2. Datang golongan yang kedua, yang Allah berikan kepadanya ilmu tanpa harta. Berilmu, paham ilmu agama, tapi keadaan ekonominya biasa. Dia lihat orang yang golongan pertama nih. Apa yang dia lakukan? Dia katakan, "Ya Allah, Kalau Engkau memberikan kepadaku seperti Kau berikan kepada dia, aku akan lakukan seperti dia atau bahkan lebih." Kata Nabi SAW, "Dua-duanya akan sama pahalanya." Karena memang yang kedua ini tidak punya harta, maka dia hubungkan itu dengan tekad yang kuat, niat yang baik kepada Allah swt.

3. Golongan ketiga orang yang Allah berikan kepadanya harta tanpa ilmu. Tidak ada ilmunya, tapi kaya raya. Cuma tidak tahu mana halal, mana haram. Tidak pernah tahu masalah urusan akhirat, atau surga dan neraka. Tidak pernah berpikir kalau mati di alam barzakh nanti akan ada masalah kalau dia banyak dosa. Dia habiskan hartanya di jalan kemaksiatan kepada Allah. Bangun diskotik, bar, sibuk dengan itu.

4. Kemudian datang golongan keempat, ini yang luar biasa. Kejahilan yang luar biasa. Orang yang tidak dikasih ilmu, tidak dikasih harta. Miskin dan juga bodoh, tidak ada ilmunya. Yang dia jadikan tolak ukur, bukan golongan pertama sama kedua, tapi golongan ketiga. Orang kaya raya yang bangun hotel sana-sini, banyak kemaksiatannya, diskotik, dan seterusnya. Orang-orang yang banyak tiap hari bermaksiat kepada Allah. Maka kata Nabi SAW, "Nih orang nih sama-sama dosanya." Golongan ini sangat rugi karena sudah miskin, bodoh, bermaksiat, dan dapat banyak dosa.

Semoga kita termasuk golongan pertama atau kedua, jangan sampai di golongan ketiga atau keempat. Sekian dari artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum

Sumber: Lampu Islam, Ustad Khalid Basalamah

Kata kunci: 4 tingkatan manusia, derajat-derajat manusia, beberapa tingkatan manusia, tingkatan-tingkatan manusia di dunia, ilmu dan harta manusia di dunia

1 comment:

Unknown said...

assalamu'alaikum, apa bunyi teks arab hadisnya ya akhy?