Tuesday 19 March 2013

Dehidrasi


Haloo.. Kali ini saya akan menjelaskan ke agan tentang pentingnya air minum bagi tubuh kita, terutama penyebab kekurangan cairan dalam tubuh, serta cara menanggulanginya ^^

Simaklah bacaan di bawah ini :D

Musim kemarau di Indonesia pada bulan April sampai september harus diwaspadai, karena membawa ancaman dehidrasi. Terutama pada masyarakat yang banyak aktivitas, namun asupan minumannya kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, asupan cairan haruslah seimbang antara yang keluar dengan yang masuk. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respons rendah, saluran hidung kering, bibir kering dan pecah-pecah, urin berwarna terlalu kuning atau gelap, tubuh lemah, letih, dan halusinasi.

Jika tidak cepat diatasi, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan tubuh tidak mampu membuang sisa-sisa proses metabolisme yang beracun, bahkan pada kondisi ekstrem bisa pingsan. Hasil penelitian bahwa tanpa air manusia hanya bisa bertahan hidup selama sembilan sampai sepuluh hari, sedangkan tanpa makanan selama 45-65 hari.

Perlunya mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air atau berbagai jenis cairan setiap hari. Mereka yang dianjurkan minum sebanyak itu adalah yang kurang beraktifitas fisik, seperti manula, berada dalam suhu atau cuaca dingin, dan orang yang banyak mengonsumsi makanan berair.

Konsumsi lebih dari dua liter cairan per hari dibutuhkan untuk mereka yag beraktifitas fisik tinggi atau berada dalam cuaca panas. Khusus atlet dan pekerja luar ruangan dianjurkan meminum 2000-5000 cc per hari, sementara untuk atlet yang beraktifitasnya dalam ruangan dan aktifitas fisiknya tidak tinggi bisa meminum 2000 cc per hari.

Untuk atlet yang melakukan aktifitas fisik tinggi seperti pembalap sepeda jarak jauh dan dalam cuaca panas memerlukan asupan cairan lebih banyak, bisa mencapai 5000 cc per hari. Cairan memiliki arti luas. Selain air murni, cairan untuk kebutuhan tubuh juga mencakup makanan, jus, teh, susu, minuman ringan, bahkan jenis makanan dengan komposisi air tinggi seperti sup.

Sementara air segar adalah minuman sehat alami karena tidak mengandung kalori dan mengandung fluoride yang baik untuk gizi, sedangkan susu termasuk penting (khususnya untuk anak-anak) yang juga dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan, berbagai minuman ringan seperti minuman bersoda juga menjadi pemasuk cairan bagi tubuh untuk menanggulangi dehidrasi.

Tubuh juga memerlukan minuman mengandung kalori dan gula, terutama bagi yang beraktifitas tinggi. Jadi, apa pun jenis minumannya, itu sangat penting bagi tubuh, baik berupa air putih ataupun minuman bersoda yang memiliki rasa menarik dan segar. Tidak ada pantangan asal disesuaikan dengan keluarnya cairan dan masuknya cairan dalam tubuh kita.

 Sekian yaa dari saya, semoga bermanfaat banget deh buat agan-agan. Kalau ada yang mau bertanya tinggal komenter saja, dan follow blog aku juga yaa :-D


sumber: http://liputan6.com

keyword: Hati-hati dengan dehidrasi, hati-hati terkena dehidrasi, hati-hati kurang minum, kekurangan cairan tubuh,  tubuh kekurangan air, dehidrasi berbahaya, bahaya dehidrasi

No comments: