Contoh
Perhitungan Regresi Linier Sederhana
Data berikut adalah
hasil pengamatan terhadap nilai kualitas layanan (X) dan nilai rata-rata penjualan barang tertentu tiap bulan.
Data kedua variabel diberikan
pada tabel 8.1. berikut.
1.Menghitung harga a dan b dengan rumus 8.4 dan 8.5
Harga b dapat dihitung
dengan rumus 8.2, tetapi terlebih dahulu dihitung korelasi antara nilai kualitas layanan dan nilai rata-rata penjualan barang. Harga dapat juga dicari dengan rumus 8.3.
2.Menyusun Persamaan Regresi
Setelah harga a dan b
ditemukan, maka persamaan regresi linier sederhana
dapat disusun. Persamaan regresi nilai kualitas layanan dan nilai rata-rata
penjualan barang tertentu tiap bulan adalah seperti berikut :Y=87,87 + 1,39 X. Persamaan regresi yang telah ditemukan itu
dapat digunakan untuk melakukan
prediksi (ramalan) bagaimana individu dalam variabel dependen akan terjadi bila
individu dalam variabel independen ditetapkan. Misalnya nilai kualitas layanan = 64, maka nilai rata-rata penjualan adalah :Y=87,87 + 1,39 . 64 = 176,83. Jadi diperkirakan nilai rata-rata penjualan barang tiap bulan sebesar 176,83. Dari persamaan regresi diatas dapat diartikan bahwa, bila
nilai kualitas layanan
bertambah 1, maka nilai rata-rata
penjualan barang tiap bulan akan bertambah
1,39 atau setiap nilai kualitas layanan bertambah 10, maka nilai rata-rata penjualan barang tiap bulan akan bertambah sebesar 13,9.Pengambilan harga-harga X untuk meramalkan Y harus
dipertimbangkan secara rasional
dan menurut pengalaman, yang masih berada pada batas ruang gerak X. Misalnya kalau nilai kualitas
layanan 100, nilai rata-rata
penjualan tiap bulan berapa ? Apakah ada kualitas layanan yang
nilainya sebesar 100 ?
3.Membuat Garis Regresi
Garis regresi dapat
digambarkan berdasarkan persamaan yang telah ditemukan
adalah :
Gambar
8.2. Garis Regresi
Nilai Kualitas Layanan dan
Nilai Rata-rata Penjualan Barang Tiap Bulan
Antara nilai kualitas
layanan dengan nilai penjualan tiap bulan dapat dihitung korelasinya. Korelasi dapat dihitung dengan
rumus yang telah diberikan (rumus 8.5)
atau dengan rumus 8.6. berikut.
Harga-harga yang telah ditemukan dalam tabel 8.2
dapat dimasukkan dalam rumus
diatas sehingga :
Harga r tabel untuk
taraf kesalahan 5% dengan n = 34 diperoleh 0,339 dan
untuk 1% = 0,436. Karena harga r hitung lebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0.7526 > 0,436 > 0,339), maka dapat
disimpulkan terdapat hubungan
yang positif dan signifikan sebesar 0,7526 antara nilai kualitas layanan dan nilai rata-rata penjualan barang tiap bulan. Koefisien determinasinya r2=
0,75262= 0,5265. Hal ini berarti nilai rata-rata
penjualan barang tiap bulan 52,65% ditentukan oleh nilai kualitas layanan yang diberikan, melalui persamaan regresi Y
= 87,87 + 1,39 X. Sisanya 47,35% ditentukan
oleh faktor yang lain.
Dari langkah-langkah di atas didapat Algoritma sebagai berikut:
Sumber:
[1] https://rufiismada.files.wordpress.com/2012/02/analisis-regresi.pdf
No comments:
Post a Comment