Sunday 4 August 2013

Nebula

Keterangan:
kecepatan cahaya = 300.000 kilometer/detik
jarak satu tahun cahaya = 9,46 triliun kilometer
satu parsec = 3,3 tahun cahaya

Nebula adalah awan antar bintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasmaPada awalnya nebula merujuk pada nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang terbentang di langit, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh penggunaan nama lama masih digunakan seperti Galaksi Andromeda dirujuk sebagai Nebula Andromeda sebelum galaksi ditemui oleh Edwin Hubble). 


Berikut adalah macam-macam nebula mulai dari yang terkecil ke terbesar:

1. Homunculus Nebula

    Ukuran : 20.000.000.000 kilometer
                    2 x 10 pangkat 13 meter

2. Stingray Nebula

    Ukuran : 800.000.000.000 kilometer
                    8 x 10 pangkat 14 meter

3. Cat's Eye Nebula

    Ukuran : 0,25 tahun cahaya
                    2,5 x 10 pangkat 15 meter

4. Gomez's Hamburger

    Ukuran : 0,25 tahun cahaya

                    2,5 x 10 pangkat 15 meter

    Jarak ke bumi: 900 tahun cahaya



5. Hourglass Nebula

    Ukuran : 0,3 tahun cahaya
                    3 x 10 pangkat 15 meter

6. Blinking Nebula

    Ukuran : 0,45 tahun cahaya
                    4,5 x 10 pangkat 15 meter

7. Rotten Egg Nebula

    Ukuran : 1,4 tahun cahaya
                    1,4 x 10 pangkat 16 meter

8. Ring Nebula

    Ukuran : 1,7 tahun cahaya
                    1,7 x 10 pangkat 16 meter

9. Ant Nebula

    Ukuran :  2 tahun cahaya
                     2 x 10 pangkat 16 meter

10. Eskimo Nebula

    Ukuran : 2 tahun cahaya
                    2 x 10 pangkat 16 meter

11. Horsehead Nebula


      Ukuran : 2 tahun cahaya
                      2 x 10 pangkat 16 meter

12. Boomerang Nebula

      Ukuran : 2,1 tahun cahaya
                      2,1 x 10 pangkat 16 meter 

13. Helix Nebula

      Ukuran : 3 tahun cahaya
                      3 x 10 pangkat 16 meter

      Jarak ke bumi: 400 tahun cahaya


14. Bubble Nebula

       Ukuran : 7 tahun cahaya
                       7 x 10 pangkat 16 meter

15. Cone Nebula

       Ukuran : 8 tahun cahaya
                       8 x 10 pangkat 16 meter

16. The Pillars of Creation

       Ukuran : 10 tahun cahaya
                       1 x 10 pangkat 17 meter

      Jarak ke bumi: 7000 tahun cahaya


17. Crab Nebula

      Ukuran : 11 tahun cahaya
                      1,1 x 10 pangkat 17 meter

18. The Spire

      Ukuran : 20 tahun cahaya
                      2 x 10 pangkat 17 meter

19. Orion Nebula

      Ukuran : 24 tahun cahaya
                      2,5 x 10 pangkat 17 meter

20. North America Nebula



      
      Ukuran : 40 tahun cahaya
                      4 x 10 pangkat 17 meter

21. Great Nebula in Carina



      Ukuran : 60 tahun cahaya
                      6 x 10 pangkat 17 meter

22. Eagle Nebula

      Ukuran : 70 tahun cahaya
                      7 x 10 pangkat 17 meter

23. Cave Nebula

      Ukuran : 70 tahun cahaya
                      7 x 10 pangkat 17 meter

24. Rosette Nebula


              Ukuran : 100 tahun cahaya
                      1 x 10 pangkat 18 meter

      Jarak ke bumi: 5000 tahun cahaya


25. Lagoon Nebula



      Ukuran : 110 tahun cahaya
                      1,1 x 10 pangkat 18 meter

26. Barnard's Loop

      Ukuran : 300 tahun cahaya
                      3 x 10 pangkat 18 meter

      Jarak ke bumi: 1600 tahun cahaya


27. Tarantula Nebula


      Ukuran : 600 tahun cahaya
                      6 x 10 pangkat 18 meter







Thursday 1 August 2013

Manusia Kutub


Penelitian terbaru menunjukkan orang yang hidup di daerah kutub mempunyai bola mata dan otak yang lebih besar. Peningkatan ukuran otak dan mata ini memungkinkan seseorang melihat lebih baik dari pada mereka yang tinggal di katulistiwa.

"Seseorang yang tinggal di daerah kutub akan memiliki bola mata 20 persen lebih besar dari mereka yang tinggal di equator," kata Kepala Institute of Cognitive & Evolutionary Anthropology Universitas Oxford, Robin Dunbar seperti dilansir laman Discovery News.

"Orang yang tinggal di garis lintang tinggi mempunyai aktivitas visual yang lebih tinggi dari pada yang tinggal di sekitar equator," tambah Dunbar.

"Intinya, mereka memiliki penglihatan lebih baik untuk mengatasi tingkat pencahayaan yang kurang di daerah garis lintang tinggi."

Untuk penelitian ini, Dunbar dan koleganya, Eiluned Pearce meneliti 55 individu dari 12 populasi berbeda. Penelitian ini difokuskan pada volume dan kapasitas tengkorak. Individu yang diteliti merupakan orang yang hidup pada 200 tahun lalu dan tengkoraknya menjadi koleksi Museum Universitas Oxford.

Penelitian menemukan hubungan yang signifikan antara garis lintang dengan volume otak. Otak terendah dimiliki oleh jenis Micronesia yang banyak tinggal disekitar garis katulistiwa dengan berat otak 40,6 ons. Sedangkan otak yang lebih besar dimiliki jenis Scandinavia yang banyak tinggal di sekitar kutub dengan berat 50,2 ons.

Tengkorak warga penghuni Kutub Utara tidak dimasukkan, tapi peneliti membuat perkiraan 20 persen lebih besar berdasarkan data yang mereka punya. Namun, para peneliti dengan cepat mengatakan volume otak ini tidak terkait dengan tingkat kecerdasan.

"Intinya, yang kami maksudkan orang memiliki otak lebih besar pada orang yang tinggal di garis lintang tinggi, bukan berarti mereka lebih cerdas. Ini hanya berarti mereka memiliki peningkatan volume otak yang digunakan untuk penglihatan dan ini telah meningkatkan ukuran otak secara keseluruhan," kata Pearce.

Bola mata yang lebih besar memungkinkan gambar yang jatuh ke daerah photoreceptor lebih kecil sehingga lebih jelas untuk membedakan. Jumlah pencahayaan di bumi semakin menurun seiring peningkatan garis lintang. Sehingga, orang-orang yang tinggal di daerah garis lintang tinggi perlu meningkatkan penglihatan.

Wednesday 29 May 2013

kenapa minum harus duduk?


Banyak di antara kita tidak menyadari bahwa minum haruslah dilakukan dengan posisi duduk, tidak dengan berdiri. Ada beberapa riset dan penjelasan ilmiah yang menyatakan bahwa minum sambil berdiri bisa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini pun dibenarkan oleh agama melalui hadist Rasulullah saw: "Nabi shallallahu 'alaihi wa salam sungguh melarang dari minum sambil berdiri." (HR Muslim 2024). Hadist tersebut menegaskan bahwa minum tidak boleh sambil berdiri. Bagaimana penjelasan ilmiahnya? Minum sambil berdiri menyebabkan gangguan pada ginjal dan saluran air kencing. Yang terbaik adalah sambil duduk. Sehaus apa pun, usahakan saat minum, kita berada di posisi duduk, jangan berdiri. Mengapa? Dengan minum sambil duduk, maka banyak energi positif yang akan didapatkan terutama untuk kesehatan. Oleh karena itu, walaupun sangat kehausan, minumlah dengan cara duduk, bukan berdiri. Berikut ini penjelasan secara medis dan akupunktur, kenapa minum itu dianjurkan duduk. Tubuh manusia memiliki jaringan penyaring (filter). Ada yang menyebutnya filter penyaring itu dengan nama sfringer, yaitu suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Filter penyaring ini akan terbuka disaat kita duduk, dan tertutup disaat berdiri. Karena itu, kalau minum sambil berdiri, maka air akan langsung  masuk hingga ke kantong kemih tanpa proses penyaringan. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter. Bila ini terjadi, maka ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Sebaliknya, dengan duduk, maka filter penyaring akan terbuka dan akan berproses di dalam tubuh  sebelum disalurkan ke berbagai organ lainnya, lalu diolah lagi hingga masuk ke kantong kemih. Dengan demikian, maka rasa haus yang dirasakan akan segera sirna seusai meminum air putih sambil duduk.
Enhanced by Zemanta

Wednesday 8 May 2013

Tempat Wisata di Bali

Sobat Blogger, kali ini A Febrianto Blog akan memposting tentang tempat-tempat wisata di Bali untuk liburan beserta gambarnya...

Objek Wisata di Sekitar Denpasar Badung

1. Kuta beach




2. Jimbaran beach








4. Sanur beach




5. Cultural Park Art Center




6. Bali Struggle Monument Bajra Sandi




7. Sangeh




8. Taman Ayun









10. Tanjung Benoa



11. Turtle Island





12. Pandawa Beach







Objek Wisata di Sekitar Tabanan






2. Bedugul



3. Alas Kedaton




4. Tabanan Hot Water





Objek Wisata di Sekitar Gianyar


1. Ubud




2. Siring palace




3. Bali Bird Park




4. Sukawati Art Market




5. Goa Gajah




6. Bali Zoo




7. Taman Safari Bali





Objek Wisata di Sekitar Bangli

1. Kintamani




2. Pura Besakih





Objek Wisata di Sekitar Singaraja

1. Waterfalls Gitgit




2. Lovina Beach


kata kunci: wisata bali, pantai kuta, wisata di bali, pantai bali


Enhanced by Zemanta

Monday 22 April 2013

Penciptaan Manusia, Jin, dan Malaikat dilihat dari Ilmu Fisika


Kita semua sudah mengetahui bahwa, sebagaimana diceritakan dalam Al Qur'an, manusia, jin, dan malaikat masing-masing diciptakan oleh Allah dari tanah, api dan cahaya.

Tanah adalah materi yang terbentuk dipermukaan bumi. Tanah terdiri dari berbagai senyawa, yang merupakan bagian dari senyawa-senyawa yang dikandung oleh bumi.

Tanah berasal dari batuan bumi, yaitu lava yang mendingin yang sebelumnya berasal dari magma di perut bumi, setelah melalui berbagai proses pelapukan.

Tanah menjadi media tempat tumbuh tanaman, karena mengandung unsur yang diperlukan oleh tanaman untuk hidup dan tumbuh.

Api adalah udara yang bersuhu sangat tinggi, cukup tinggi sehingga udara tersebut memancarkan radiasi dengan gelombang yang dapat diamati oleh mata manusia.

Setiap benda yang memiliki suhu tertentu akan memancarkan radiasi dengan panjang gelombang tertentu. Ketika kita melihat api sejatinya mata kita mendeteksi radiasi yang masuk ke mata kita yang berasal dari udara yang besuhu tinggi. Suhu udara yang tinggi disebabkan oleh pembakaran. Pembakaran adalah oksidasi bahan yang bisa terbakar, seperti bahan bakar, kayu, kertas, dan lain-lain. Proses oksidasi melepaskan energi dalam bentuk panas yang memanaskan apapun yang berada di sekitarnya, termasuk udara.

Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dapat diamati oleh mata manusia. Cahaya memiliki panjang gelombang antara 380 nanometer (nm) dan 740 nm, dari violet sampai merah.  

Tanah adalah materi.  Sedangkan api/panas dan cahaya/gelombang elektromagnetik adalah energi. Materi dan energi adalah komponen pembentuk alam semesta.

Meskipun sama-sama energi, api dan cahaya tidak sama. Apa perbedaanya? Api adalah energi yang membutuhkan materi sebagai syarat keberadaannya, sedangkan cahaya tidak membutuhkan adanya materi untuk ada. Api adalah termasuk golongan energi yang melekat pada materi, seperti energi panas, energi kinetik, energi potensial, energi kimia, dan sebagainya. Tanpa materi tidak ada panas, tidak ada energi kinetik. Cahaya tidak membutuhkan materi sebagai media, oleh karena itu dia bisa merambat di ruang hampa di jagat raya.

Dalam banyak hal Allah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia dalam kalamnya. Allah menggunakan kata tanah untuk materi, menggunakan kata api untuk energi yang tergantung kepada materi, dan cahaya untuk energi yang tidak tergantung pada materi. Jadi, firman Allah tentang bahan penciptaan makhlukNya dapat diterjemahkan, sebagai berikut.

1. Manusia terbuat dari materi.
2. Jin terbuat dari energi yang membutuhkan media materi.
3. Malaikat terbuat dari energi yang tidak membutuhkan media materi.

Dari ketiga poin di atas dapat dipelajari sifat dari ketiga jenis makhluk Allah dari sifat fisiknya.

Saturday 13 April 2013

Akhlak yang Baik dan Mulia

Sahabat blogger, kali ini A Febrianto Blog akan memposting mengenai bagaimana menjadi akhlak remaja islam yang baik dan benar. Dari segi berbicara, bergaul, menuntut ilmu dll. Oke mari kita bahas saja..

Para remaja muda-mudi adalah warisan bagi masa depan. Mereka adalah aset yang berharga agar agama Islam tetap  dihayati dan dipraktikkan oleh masyarakat Islam di masa yang akan datang.
Alhamdulillah, sekarang sudah banyak contoh-contoh yang baik yang bisa kita ambil sebagai teladan. Kita mempunyai golongan muda-mudi Islam yang bisa menjadi kebanggaan dan harapan masyarakat. Dan sekarang kita melihat semakin ramai anak muda kita yang mempunyai kesadaran dan penghayatan terhadap agama Islam.
Akan tetapi masih banyak di kalangan remaja kita yang terbawa budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai murni Islam. Sebagai contoh, setiap tahun lebih dari 100 pasangan Islam mendaftarkan diri untuk menikah dengan calon istri yang sudah hamil. Sebagian besar di antara mereka akan melahirkan anak di luar nikah sementara sebagian kecil menggugurkan kandungan mereka. Semakin banyak remaja kita yang tanpa segan dan malu membuka aurat mereka. Malah ada yang lebih berani lagi. Mereka berdua-duaan dan berkelakuan tidak senonoh di tempat umum.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar masa muda terlindungi dari kerusakan akhlak:

1. Bicara dengan baik dan benar
Seorang muslim harus berbicara dengan akal sehat, harus bicara dengan benar dan bijaksana. Banyak berzikir dan berdoa lebih diutamakan daripada membicarakan keburukan orang lain.

2. Pandai menggunakan waktu
Seorang muslim pantang membuang waktu untuk bermain dan melakukan hal yang tak berguna. Seorang muslim lebih baik menggunakan waktunya untuk beribadah, membaca Al-Quran dan mengaji daripada nongkrong, nonton film atau begadang.

3. Jangan banyak melamun dan berkhayal
Muslim yang kuat adalah selalu ingat akhirat dan bekerja keras. Sebaliknya, muslim yang lemah adalah yang hanyut karena nafsu dan suka berkhayal.

4. Memilih teman bergaul yang baik
Seorang muslim hendaknya memilih teman yang baik akhlaknya, berbudi luhur, taat pada ajaran Islam, meskipun dari keluarga miskin dan bukan atas dasar kekayaan.

5. Menuntut ilmu sebagai ibadah
Dalam menuntut ilmu hendaknya jangan bertujuan untuk mencari uang atau kedudukan atau agar kelak di kemudian hari menjadi orang kaya dan terkenal seperti mendapatkan pujian orang karena memiliki berbagai titel. Pencari ilmu hendaknya menjadikan tujuan menuntut ilmu sebagai ibadah.

6. Banyak membaca buku ilmu agama
Seorang muslim hendaknya memilih bacaan yang baik dan bermanfaat. Jangan terlalu banyak berkhayal dengan membaca komik, novel percintaan yang tidak bermutu karena akan menyebabkan otak kita akan penuh dengan angan-angan karena dijejali cerita bohongan dan maksiat. Bacalah buku-buku Islam yang bermutu, majalah-majalah Islam. Pandai dalam ilmu agama berarti merintis jalan terbaik menuju surga.

Cukup sekian ya dari saya. Semoga artikel 'akhlak remaja islam' ini bermanfaat banget buat teman-teman blogger. Dan jangan lupa komentarnya, oke.
Wassalam :D

kata kunci: akhlak Islam, pengertian akhlak, buku buku Islam
Enhanced by Zemanta

Wednesday 20 March 2013

Tawuran Antar Pelajar



BAB I

     PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG

Tawuran, sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Hampir setiapminggu, berita itu menghiasi media massa. Bukan hanya tawuran antar pelajar saja yangmenghiasi kolom-kolom media cetak tetapi tawuran antar warga, antar kaum beragama,antara polisi dan mahasiswa, sungguh menyedihkan. Inilah fenomena yang terjadi dimasyarakat kita.Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadisemenjaknya terciptanya geng-geng. Perilaku antar selalu dipertontonkan ditengah-tengah masyarakat. Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/kelompok. Seorang pelajar seharusnya tidak melakukan seperti itu. Biasanya permusuhan antar sekolah dimulai dari masalah yangsangat sepele. Namun remaja yang masih labil tingkat emosinya justru menanggapinyasebagai sebuah tantangan. Pemicu lain biasanya dendam dengan rasa kesetiakawananyang tinggi para siswa tersebut akan membalas perlakuan yang disebabkan oleh siswasekolah yang dianggap merugikan seorang siswa atau mencemarkan nama baik sekolahtersebut.Tawuran antar pelajar tawuran yang sering dilakukan pada sekelompok remajaterutama oleh para pelajar. Bahkan para mahasiswa yang notabene orang yangberpendidikan tinggi dalam memecahkan masalah menggunakan kekerasan.Kekerasa sudah dianggap sebagai pemecah masalah yang sangat efektif di kaumremaja. Hal ini seolah menjadi bukti nyata bahwa seorang pelajar seolah-olah sangatleluasa untuk melakukan hal-hal yang bersifat anarkis dan premanis. Tentunya perilakuini sangat merugikan orang yang terlibat dalam tawuran tersebut. Bahkan orang lain yangtidak terlibat juga merasakan dampak tawuran tersebut.
 






B.RUMUSAN MASALAH

1.Apa pengertian tawuran?
2.Apa penyebab tawuran tersebut?
3.Bagaimana dampak tawuran bagi pelajar?
4.Bagaimana upaya dalam mengantisipasi terjadinya tawuran?C.




TUJUAN PENULISAN

 Penulisan Karya Tulis ini bertujuan untuk memberikan pedoman dan bagaimana kita menanggapi aksi tawuran dikalangan remaja. Supaya kita dapat menghindari ataumembentengi diri untuk tidak melakukan aksi tawuran. Bahkan kita dapat mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan tanpa menggunakan aksi kekerasan.

MANFAAT
Kita dapat mengetahui bagaimana sikap yang harus ditanggapi oeh masyarakat Kota Bandung akan marak nya tawuran yang terjadi di saat ini,dan dapat memilah mana yang baik dan buruk nya.





BAB II

LANDASAN TEORI

I.PENGERTIAN TAWURAN

Dalam kamus bahasa Indonesia “tawuran”dapat diartikan sebagai perkelahian yangmeliputi banyak orang. Sedangkan “pelajar” adalah seorang manusia yang belajar. Sehingga
pengertian tawuran pelajar adalah perkelahian yang dilakukan oleh sekelompok orang yangmana perkelahian tersebut dilakukan oleh orang yang sedang belajarSecara psikologis, perkelahian yang melibatkan pelajar usia remaja digolongkan sebagai salahsatu bentuk kenakalan remaja (juvenile deliquency). Kenakalan remaja, dalam hal perkelahian,dapat digolongkan ke dalam 2 jenis delikuensi yaitu situasional dan sistematik.

1. Delikuensi situasional, perkelahian terjadi karena adanya situasi yang “mengharuskan” mereka
untuk berkelahi. Keharusan itu biasanya muncul akibat adanya kebutuhan untuk memecahkanmasalah secara cepat.2. Delikuensi sistematik, para remaja yang terlibat perkelahian itu berada di dalam suatuorganisasi tertentu atau geng. Di sini ada aturan, norma dan kebiasaan tertentu yang harus diikutiangotanya, termasuk berkelahi. Sebagai anggota, tumbuh kebanggaan apabila dapat melakukanapa yang diharapkan oleh kelompoknya. Seperti yang kita ketahui bahwa pada masa remajaseorang remaja akan cenderung membuat sebuah genk yang mana dari pembentukan genk inilahpara remaja bebas melakukan apa saja tanpa adanya peraturan-peraturan yang harus dipatuhikarena ia berada dilingkup kelompok teman sebayanya.II.

Faktor- faktor yang menyebabkan tawuran pelajarBerikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan tawuran pelajar, diantaranya :
 -Faktor Internal
Faktor internal ini terjadi didalam diri individu itu sendiri yang berlangsung melalui prosesinternalisasi diri yang keliru dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya dan semuapengaruh yang datang dari luar. Remaja yang melakukan perkelahian biasanya tidak mampumelakukan adaptasi dengan lingkungan yang kompleks. Maksudnya, ia tidak dapatmenyesuaikan diri dengan keanekaragaman pandangan, ekonomi, budaya dan berbagaikeberagaman lainnya yang semakin lama semakin bermacam-macam. Para remaja yangmengalami hal ini akan lebih tergesa-gesa dalam memecahkan segala masalahnya tanpa berpikirterlebih dahulu apakah akibat yang akan ditimbulkan. Selain itu, ketidakstabilan emosi pararemaja juga memiliki andil dalam terjadinya perkelahian. Mereka biasanya mudah friustasi, tidak mudah mengendalikan diri, tidak peka terhadap orang-orang disekitarnya. Seorang remajabiasanya membutuhkan pengakuan kehadiran dirinya ditengah-tengah orang-orang sekelilingnya.



 -Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar individu, yaitu :
-Faktor Keluarga
Keluarga adalah tempat dimana pendidikan pertama dari orangtua diterapkan. Jika seorang anak terbiasa melihat kekerasan yang dilakukan didalam keluarganya maka setelah ia tumbuh menjadiremaja maka ia akan terbiasa melakukan kekerasan karena inilah kebiasaan yang datang darikeluarganya. Selain itu ketidak harmonisan keluarga juga bisa menjadi penyebab kekerasanyang dilakukan oleh pelajar. Suasana keluarga yang menimbulkan rasa tidak aman dan tidak menyenangkan serta hubungan keluarga yang kurang baik dapat menimbulkan bahaya psikologisbagi setiap usia terutama pada masa remaja.
Menurut Hirschi (dalam Mussen dkk, 1994). Berdasarkan hasil penelitian ditemukanbahwa salah satupenyebab kenakalan remaja dikarenakan tidak berfungsinya orang tua sebagai figure teladanyang baik bagi anak (hawari, 1997).Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa salah satu penyebab kenakalan remajadikarenakan tidak berfungsinya orang tua sebagai figure teladan yang baik bagi anak (hawari,1997). Jadi disinilah peran orangtua sebagai penunjuk jalan anaknya untuk selalu berprilakubaik.
-Faktor Sekolah
Sekolah tidak hanya untuk menjadikan para siswa pandai secara akademik namun juga pandaisecara akhlaknya . Sekolah merupakan wadah untuk para siswa mengembangkan diri menjadilebih baik. Namun sekolah juga bisa menjadi wadah untuk siswa menjadi tidak baik, hal inidikarenakan hilangnya kualitas pengajaran yang bermutu. Contohnya disekolah tidak jarangditemukan ada seorang guru yang tidak memiliki cukup kesabaran dalam mendidik anak muruidnya akhirnya guru tersebut menunjukkan kemarahannya melalui kekerasan. Hal ini bisasaja ditiru oleh para siswanya. Lalu disinilah peran guru dituntut untuk menjadi seorang pendidik yang memiliki kepribadian yang baik.
-Faktor Lingkungan
Lingkungan rumah dan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perilaku remaja.Seorang remaja yang tinggal dilingkungan rumah yang tidak baik akan menjadikan remajatersebut ikut menjadi tidak baik. Kekerasan yang sering remaja lihat akan membentuk polakekerasan dipikiran para remaja. Hal ini membuat remaja bereaksi anarkis. Tidak adanyakegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang oleh para pelajar disekitar rumahnya juga bisa mengakibatkan tawuran.

2. Hal yang menjadi pemicu tawuranTak jarang disebabkan oleh saling mengejek atau bahkan hanya saling menatap antarsesama pelajar yang berbeda sekolahan. Bahkan saling rebutan wanita pun bisa menjadi pemicutawuran. Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya.




           BAB III

    PEMBAHASAN

Tawuran antar pelajar adalah pertemuan antara dua atau lebih kelompok yang sama-sama kurangberpendidikan mampu menimbulkan perkelahian diantara mereka ditempat umum sehinggaorang lain yang tidak bersalah banyak menjadi korban. Tawuran antar pelajar ini termasuk kedalam jenis penyimpangan kolektif (group deviaton) dimana pelajar yang berlaku dalammasyarakatsehingga menimbulkan keresahan, ketidak amanan, ketidak nyamanan serta tindak kriminalitas lainnya. Tawuran antar pelajar dapat dihasilkan dari adanya pergaulan ataupertemanan sekelompok orang yang menimbulkan solidaritas antar anggotanya sehingga mautidak mau terkadang harus ikut tindak kenakalantersebut. Padahal mereka pun sadar bahwadengan mereka ikut serta dalamtawuran antar pelajar tersebut akan merugikan dirinya sendiri danmasyarakat,namun ironisnya mereka menganggap itu semua sebagai cara mereka untuk mempertahankan kelompok atau sekolah mereka masing-masing.Pengaruh Buruk Dari Orang Tua, Tingkah Laku kriminal dan TindakanAsusila.Pengaruhburuk dari orang tua dapat juga menjadi faktor penyebabterjadinya tawuran antar pelajar.Sebagai contohnya ketika terjadi percekcokan antara ayah dan ibunya, dan terlebih sang ayahselalumelakukan tindakan asusila seperti memukul istrinya dan tanpa disadarisang anak melihatkejadian tersebut sehingga sang anak cenderung inginmempraktekan apa yang terjadi pada orangtuanya. Disini kembali lagi pada prinsip awal bahwa baik buruknya seorang anak dipengaruhiolehsikap dan tingkah laku orang tuanya.Lingkungan sekolah yang tidak menguntungkan bisa berupa bangunansekolah yang tidak memenuhi persyaratan, tanpa halaman bermain yang cukupluas, tanpa ruangan olah raga,minimnya fasilitas ruang belajar, jumlah murid didalam kelas yang terlalu padat, ventilasi dansanitasi udara yang buruk dan lainsebagainya.Seorang remaja yang tinggal dilingkungan rumah yang tidak baik akan menjadikanremaja tersebut ikut menjadi tidak baik. Kekerasan yang sering remaja lihat akan membentuk pola kekerasan dipikiran para remaja. Hal ini membuat remaja bereaksi anarkis.
 
Tak jarang disebabkan oleh saling mengejek atau bahkan hanya saling menatap antarsesama pelajar yang berbeda sekolahan. Bahkan saling rebutan wanita pun bisa menjadi pemicutawuran. Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya.
Dampak karena tawuran pelajar :

·         Kerugian fisik, pelajar yang ikut tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itucedera ringan, cedera berat, bahkan sampai kematian.

·         Masyarakat sekitar juga dirugikan. Contohnya : rusaknya rumah warga apabila pelajar yang tawuran itu melempari batu dan mengenai rumah warga.

·         Terganggunya proses belajar mengajar.

·         Menurunnya moralitas para pelajar.

·         Hilangnya perasaan peka, toleransi, tenggang rasa, dan saling menghargai

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi tawuran pelajar:

·         Memberikan pendidikan moral untuk para pelajar

·         Menghadirkan seorang figur yang baik untuk dicontoh oleh para pelajar. Seperti hadirnyaseorang guru, orangtua, dan teman sebaya yang dapat mengarahkan para pelajar untuk selalubersikap baik 

·         Memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jatidiri

·         Memfasilitasi para pelajar untuk baik dilingkungan rumah atau dilingkungan sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat diwaktu luangnya. Contohnya : membentuk ikatan remaja masjid atau karangtaruna dan membuat acara-acara yang bermanfaat, mewajibkansetiap siswa mengikuti organisasi atau ekstrakulikuler disekolahnya



Kartini kartono pun menawarkan beberapa cara untuk mengurangi tawuran remaja, diantaranya :

·         Banyak mawas diri, melihat kelemahan dan kekurangan sendiri dan melakukan koreksiterhadap kekeliruan yang sifatnya tidak mendidik dan tidak menuntun
 

·         Memberikan kesempatan kepada remaja untuk beremansipasi dengan cara yang baik dansehatc.

·         Memberikan bentuk kegiatan dan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan remajazaman sekarang serta kaitannya dengan perkembangan bakat dan potensi remaja



BAB IV

          PENUTUP

1.Kesimpulan dan Saran

A.Kesimpulan

Faktor yang menyebabkan tawuran remaja tidak lah hanya     datang      dari individu siswa itu sendiri.Melainkan juga terjadi karena faktor-faktor lain yang datang dari luar individu, diantaranyafaktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor lingkungan.
Para pelajar yang umumnya masih berusia remaja memiliki kencenderungan untuk melakukanhal-hal diluar dugaan yang mana kemungkinan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain,maka inilah peran orangtua dituntut untuk dapat mengarahkan dan mengingatkan anaknya jikasang anak tiba-tiba melakukan kesalahan. Keteladanan seorang guru juga tidak dapat dilepaskan.Guru sebagai pendidik bisa dijadikan instruktur dalam pendidikan kepribadian para siswa agarmenjadi insan yang lebih baik.Begitupun dalam mencari teman sepermainan. Sang anak haruslah diberikan pengarahan dariorang dewasa agar mampu memilih teman yang baik. Masyarakat sekitar pun harus bisamembantu para remaja dalam mengembangkan potensinya dengan cara mengakui keberadaanya.

B.Saran

Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang tawuran pelajar diatas, penulis memberikanbeberapa saran. Diantaranya :
 
·         Keluarga sebagai awal tempat pendidikan para pelajar harus mampu membentuk pola pikiryang baik untuk para pelajar
·         Masyarakat mesti menyadari akan perannya dalam menciptakan situasi yang kondusif 
·         Lembaga pendidikan formal sudah semestinya memberikan pelayanan yang baik untuk membantu para pelajar mengasah kemampuan dan mengembangkan segala potensi yang adadidalam dirinya



DAFTAR PUSTAKA


·         Dr. Sofyan, S, Willis, M.Pd, Remaja dan Masalahnya, ALFABETA, 1995, hal141
·         Singgih D. Gunarsa dan N. Y. Singgih D. Gunarsa, Psikologi PerkembanganAnak dan Remaja, PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1983, hal. 180
·         R. Sugandhi, Op cit hal 366
·         Tongat, Sh, M.Hum, Op cit hal 69


Teman-teman blogger, sekian dari saya yaa, semoga makalah di atas bermanfaat buat agan-agan. Jangan lupa komentarnya oke ;)


kata kunci : tawuran, makalah tawuran antar pelajar, siswa tawuran, penyebab tawuran, cara mengatasi tawuran, tawuran pelajar, tawuran antar siswa, artikel tawuran antar pelajar

Tuesday 19 March 2013

Dehidrasi


Haloo.. Kali ini saya akan menjelaskan ke agan tentang pentingnya air minum bagi tubuh kita, terutama penyebab kekurangan cairan dalam tubuh, serta cara menanggulanginya ^^

Simaklah bacaan di bawah ini :D

Musim kemarau di Indonesia pada bulan April sampai september harus diwaspadai, karena membawa ancaman dehidrasi. Terutama pada masyarakat yang banyak aktivitas, namun asupan minumannya kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, asupan cairan haruslah seimbang antara yang keluar dengan yang masuk. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respons rendah, saluran hidung kering, bibir kering dan pecah-pecah, urin berwarna terlalu kuning atau gelap, tubuh lemah, letih, dan halusinasi.

Jika tidak cepat diatasi, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan tubuh tidak mampu membuang sisa-sisa proses metabolisme yang beracun, bahkan pada kondisi ekstrem bisa pingsan. Hasil penelitian bahwa tanpa air manusia hanya bisa bertahan hidup selama sembilan sampai sepuluh hari, sedangkan tanpa makanan selama 45-65 hari.

Perlunya mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air atau berbagai jenis cairan setiap hari. Mereka yang dianjurkan minum sebanyak itu adalah yang kurang beraktifitas fisik, seperti manula, berada dalam suhu atau cuaca dingin, dan orang yang banyak mengonsumsi makanan berair.

Konsumsi lebih dari dua liter cairan per hari dibutuhkan untuk mereka yag beraktifitas fisik tinggi atau berada dalam cuaca panas. Khusus atlet dan pekerja luar ruangan dianjurkan meminum 2000-5000 cc per hari, sementara untuk atlet yang beraktifitasnya dalam ruangan dan aktifitas fisiknya tidak tinggi bisa meminum 2000 cc per hari.

Untuk atlet yang melakukan aktifitas fisik tinggi seperti pembalap sepeda jarak jauh dan dalam cuaca panas memerlukan asupan cairan lebih banyak, bisa mencapai 5000 cc per hari. Cairan memiliki arti luas. Selain air murni, cairan untuk kebutuhan tubuh juga mencakup makanan, jus, teh, susu, minuman ringan, bahkan jenis makanan dengan komposisi air tinggi seperti sup.

Sementara air segar adalah minuman sehat alami karena tidak mengandung kalori dan mengandung fluoride yang baik untuk gizi, sedangkan susu termasuk penting (khususnya untuk anak-anak) yang juga dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan, berbagai minuman ringan seperti minuman bersoda juga menjadi pemasuk cairan bagi tubuh untuk menanggulangi dehidrasi.

Tubuh juga memerlukan minuman mengandung kalori dan gula, terutama bagi yang beraktifitas tinggi. Jadi, apa pun jenis minumannya, itu sangat penting bagi tubuh, baik berupa air putih ataupun minuman bersoda yang memiliki rasa menarik dan segar. Tidak ada pantangan asal disesuaikan dengan keluarnya cairan dan masuknya cairan dalam tubuh kita.

 Sekian yaa dari saya, semoga bermanfaat banget deh buat agan-agan. Kalau ada yang mau bertanya tinggal komenter saja, dan follow blog aku juga yaa :-D


sumber: http://liputan6.com

keyword: Hati-hati dengan dehidrasi, hati-hati terkena dehidrasi, hati-hati kurang minum, kekurangan cairan tubuh,  tubuh kekurangan air, dehidrasi berbahaya, bahaya dehidrasi

Thursday 14 March 2013

Betapa Kecilnya Kita di Hadapan Allah SWT



Lihat dan bayangkan betapa kecilnya kita di alam semesta ini..
di manakah posisi bumi yang kita tinggal?
bintang-bintang di galaksi ibarat sebutir pasir di gurun..
apalagi BUMI
apalagi MANUSIA!!
jika seseorang memiliki bumi ini secara pribadi dan hanya milik dia sendiri, maka dia hanya menguasai debu yang tidak berarti bahkan lebih kecil lagi..
jadi pantaskah kita sombong? pernahkah kalian sombong? apa yang kalian sombongkan? kita sadar bahwa manusia tidak punya apa-apa..
Hanya Allah lah yang berkuasa dan mempunyai segalanya..
Allah Maha Besar..
Mari tingkatkan iman kita =))

Penjelasan mengenai Betapa Kecilnya Kita, saya akan menunjukkan ke agan sebuah aplikasi yang sangat bagus, namanya "The Scale of the Universe 2". Di bawah ini ada linknya. Selamat menikmati aplikasinya dan merasakan betapa kecilnya kita ^-^

klik untuk melihat aplikasi ==> di sini ^-^ <==

Jadi, kita tidak boleh sombong atau pamer sama apa yang kita miliki dan kita capai... :D

1. Inilah tempat yang kita tinggal.



2. Perbandingan Bumi dengan planet-planet yang lebih kecil.


3. Perbandingan Bumi dengan semua planet di Tata Surya.



4. Sistem Tata Surya dan posisi Bumi.



5. Perbandingan Bumi dengan planet-planet dan matahari.



6. Perbandingan Matahari dengan Sirius.



7. Perbandingan Sirius dengan bintang-bintang lainnya.



8. Perbandingan Antares dengan VY Canis Majoris (bintang terbesar yang diketahui pada tahun 2013)



9. Perbandingan Matahari dengan UY Scuti (bintang terbesar yang diketahui saat ini)



Semoga bermanfaat :)
Thank you


kata kunci: betapa kecilnya manusia, kecilnya manusia, kebesaran Tuhan, kebesaran Allah swt.