Monday 22 April 2013
Penciptaan Manusia, Jin, dan Malaikat dilihat dari Ilmu Fisika
Kita semua sudah mengetahui bahwa, sebagaimana diceritakan dalam Al Qur'an, manusia, jin, dan malaikat masing-masing diciptakan oleh Allah dari tanah, api dan cahaya.
Tanah adalah materi yang terbentuk dipermukaan bumi. Tanah terdiri dari berbagai senyawa, yang merupakan bagian dari senyawa-senyawa yang dikandung oleh bumi.
Tanah berasal dari batuan bumi, yaitu lava yang mendingin yang sebelumnya berasal dari magma di perut bumi, setelah melalui berbagai proses pelapukan.
Tanah menjadi media tempat tumbuh tanaman, karena mengandung unsur yang diperlukan oleh tanaman untuk hidup dan tumbuh.
Api adalah udara yang bersuhu sangat tinggi, cukup tinggi sehingga udara tersebut memancarkan radiasi dengan gelombang yang dapat diamati oleh mata manusia.
Setiap benda yang memiliki suhu tertentu akan memancarkan radiasi dengan panjang gelombang tertentu. Ketika kita melihat api sejatinya mata kita mendeteksi radiasi yang masuk ke mata kita yang berasal dari udara yang besuhu tinggi. Suhu udara yang tinggi disebabkan oleh pembakaran. Pembakaran adalah oksidasi bahan yang bisa terbakar, seperti bahan bakar, kayu, kertas, dan lain-lain. Proses oksidasi melepaskan energi dalam bentuk panas yang memanaskan apapun yang berada di sekitarnya, termasuk udara.
Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang dapat diamati oleh mata manusia. Cahaya memiliki panjang gelombang antara 380 nanometer (nm) dan 740 nm, dari violet sampai merah.
Tanah adalah materi. Sedangkan api/panas dan cahaya/gelombang elektromagnetik adalah energi. Materi dan energi adalah komponen pembentuk alam semesta.
Meskipun sama-sama energi, api dan cahaya tidak sama. Apa perbedaanya? Api adalah energi yang membutuhkan materi sebagai syarat keberadaannya, sedangkan cahaya tidak membutuhkan adanya materi untuk ada. Api adalah termasuk golongan energi yang melekat pada materi, seperti energi panas, energi kinetik, energi potensial, energi kimia, dan sebagainya. Tanpa materi tidak ada panas, tidak ada energi kinetik. Cahaya tidak membutuhkan materi sebagai media, oleh karena itu dia bisa merambat di ruang hampa di jagat raya.
Dalam banyak hal Allah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia dalam kalamnya. Allah menggunakan kata tanah untuk materi, menggunakan kata api untuk energi yang tergantung kepada materi, dan cahaya untuk energi yang tidak tergantung pada materi. Jadi, firman Allah tentang bahan penciptaan makhlukNya dapat diterjemahkan, sebagai berikut.
1. Manusia terbuat dari materi.
2. Jin terbuat dari energi yang membutuhkan media materi.
3. Malaikat terbuat dari energi yang tidak membutuhkan media materi.
Dari ketiga poin di atas dapat dipelajari sifat dari ketiga jenis makhluk Allah dari sifat fisiknya.
Saturday 13 April 2013
Akhlak yang Baik dan Mulia
Para remaja muda-mudi adalah warisan bagi masa depan. Mereka adalah aset yang berharga agar agama Islam tetap dihayati dan dipraktikkan oleh masyarakat Islam di masa yang akan datang.
Alhamdulillah, sekarang sudah banyak contoh-contoh yang baik yang bisa kita ambil sebagai teladan. Kita mempunyai golongan muda-mudi Islam yang bisa menjadi kebanggaan dan harapan masyarakat. Dan sekarang kita melihat semakin ramai anak muda kita yang mempunyai kesadaran dan penghayatan terhadap agama Islam.
Akan tetapi masih banyak di kalangan remaja kita yang terbawa budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai murni Islam. Sebagai contoh, setiap tahun lebih dari 100 pasangan Islam mendaftarkan diri untuk menikah dengan calon istri yang sudah hamil. Sebagian besar di antara mereka akan melahirkan anak di luar nikah sementara sebagian kecil menggugurkan kandungan mereka. Semakin banyak remaja kita yang tanpa segan dan malu membuka aurat mereka. Malah ada yang lebih berani lagi. Mereka berdua-duaan dan berkelakuan tidak senonoh di tempat umum.
Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar masa muda terlindungi dari kerusakan akhlak:
1. Bicara dengan baik dan benar
Seorang muslim harus berbicara dengan akal sehat, harus bicara dengan benar dan bijaksana. Banyak berzikir dan berdoa lebih diutamakan daripada membicarakan keburukan orang lain.
2. Pandai menggunakan waktu
Seorang muslim pantang membuang waktu untuk bermain dan melakukan hal yang tak berguna. Seorang muslim lebih baik menggunakan waktunya untuk beribadah, membaca Al-Quran dan mengaji daripada nongkrong, nonton film atau begadang.
3. Jangan banyak melamun dan berkhayal
Muslim yang kuat adalah selalu ingat akhirat dan bekerja keras. Sebaliknya, muslim yang lemah adalah yang hanyut karena nafsu dan suka berkhayal.
4. Memilih teman bergaul yang baik
Seorang muslim hendaknya memilih teman yang baik akhlaknya, berbudi luhur, taat pada ajaran Islam, meskipun dari keluarga miskin dan bukan atas dasar kekayaan.
5. Menuntut ilmu sebagai ibadah
Dalam menuntut ilmu hendaknya jangan bertujuan untuk mencari uang atau kedudukan atau agar kelak di kemudian hari menjadi orang kaya dan terkenal seperti mendapatkan pujian orang karena memiliki berbagai titel. Pencari ilmu hendaknya menjadikan tujuan menuntut ilmu sebagai ibadah.
6. Banyak membaca buku ilmu agama
Seorang muslim hendaknya memilih bacaan yang baik dan bermanfaat. Jangan terlalu banyak berkhayal dengan membaca komik, novel percintaan yang tidak bermutu karena akan menyebabkan otak kita akan penuh dengan angan-angan karena dijejali cerita bohongan dan maksiat. Bacalah buku-buku Islam yang bermutu, majalah-majalah Islam. Pandai dalam ilmu agama berarti merintis jalan terbaik menuju surga.
Cukup sekian ya dari saya. Semoga artikel 'akhlak remaja islam' ini bermanfaat banget buat teman-teman blogger. Dan jangan lupa komentarnya, oke.
Wassalam :D
kata kunci: akhlak Islam, pengertian akhlak, buku buku Islam
Wednesday 20 March 2013
Tawuran Antar Pelajar
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Tawuran, sepertinya masyarakat Indonesia sudah
tidak asing lagi. Hampir setiapminggu, berita itu menghiasi media massa. Bukan
hanya tawuran antar pelajar saja yangmenghiasi kolom-kolom media cetak tetapi
tawuran antar warga, antar kaum beragama,antara polisi dan mahasiswa, sungguh
menyedihkan. Inilah fenomena yang terjadi dimasyarakat kita.Tawuran antar
pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadisemenjaknya terciptanya
geng-geng. Perilaku antar selalu dipertontonkan ditengah-tengah masyarakat.
Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan
bisa mengganggu ketenangan masyarakat. Sebaliknya mereka merasa
bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/kelompok. Seorang pelajar
seharusnya tidak melakukan seperti itu. Biasanya permusuhan antar sekolah
dimulai dari masalah yangsangat sepele. Namun remaja yang masih labil tingkat
emosinya justru menanggapinyasebagai sebuah tantangan. Pemicu lain biasanya
dendam dengan rasa kesetiakawananyang tinggi para siswa tersebut akan membalas
perlakuan yang disebabkan oleh siswasekolah yang dianggap merugikan seorang
siswa atau mencemarkan nama baik sekolahtersebut.Tawuran antar pelajar tawuran
yang sering dilakukan pada sekelompok remajaterutama oleh para pelajar. Bahkan
para mahasiswa yang notabene orang yangberpendidikan tinggi dalam memecahkan
masalah menggunakan kekerasan.Kekerasa sudah dianggap sebagai pemecah masalah
yang sangat efektif di kaumremaja. Hal ini seolah menjadi bukti nyata bahwa
seorang pelajar seolah-olah sangatleluasa untuk melakukan hal-hal yang bersifat
anarkis dan premanis. Tentunya perilakuini sangat merugikan orang yang terlibat
dalam tawuran tersebut. Bahkan orang lain yangtidak terlibat juga merasakan
dampak tawuran tersebut.
B.RUMUSAN MASALAH
1.Apa pengertian tawuran?
2.Apa penyebab tawuran tersebut?
3.Bagaimana dampak tawuran bagi pelajar?
4.Bagaimana upaya dalam mengantisipasi terjadinya
tawuran?C.
TUJUAN PENULISAN
Penulisan Karya Tulis ini bertujuan untuk
memberikan pedoman dan bagaimana kita menanggapi aksi tawuran dikalangan
remaja. Supaya kita dapat menghindari ataumembentengi diri untuk tidak
melakukan aksi tawuran. Bahkan kita dapat mengetahui bagaimana cara
menyelesaikan masalah dengan tanpa menggunakan aksi kekerasan.
MANFAAT
Kita dapat mengetahui bagaimana sikap yang harus
ditanggapi oeh masyarakat Kota Bandung akan marak nya tawuran yang terjadi di
saat ini,dan dapat memilah mana yang baik dan buruk nya.
BAB II
LANDASAN TEORI
I.PENGERTIAN TAWURAN
Dalam kamus bahasa
Indonesia “tawuran”dapat diartikan sebagai perkelahian yangmeliputi banyak
orang. Sedangkan “pelajar” adalah seorang manusia yang belajar. Sehingga
pengertian tawuran pelajar adalah perkelahian yang
dilakukan oleh sekelompok orang yangmana perkelahian tersebut dilakukan oleh
orang yang sedang belajarSecara psikologis, perkelahian yang melibatkan pelajar
usia remaja digolongkan sebagai salahsatu bentuk kenakalan remaja (juvenile
deliquency). Kenakalan remaja, dalam hal perkelahian,dapat digolongkan ke dalam
2 jenis delikuensi yaitu situasional dan sistematik.
1. Delikuensi situasional, perkelahian terjadi
karena adanya situasi yang “mengharuskan” mereka
untuk berkelahi. Keharusan itu biasanya muncul
akibat adanya kebutuhan untuk memecahkanmasalah secara cepat.2. Delikuensi
sistematik, para remaja yang terlibat perkelahian itu berada di dalam
suatuorganisasi tertentu atau geng. Di sini ada aturan, norma dan kebiasaan
tertentu yang harus diikutiangotanya, termasuk berkelahi. Sebagai anggota,
tumbuh kebanggaan apabila dapat melakukanapa yang diharapkan oleh kelompoknya.
Seperti yang kita ketahui bahwa pada masa remajaseorang remaja akan cenderung
membuat sebuah genk yang mana dari pembentukan genk inilahpara remaja bebas
melakukan apa saja tanpa adanya peraturan-peraturan yang harus dipatuhikarena
ia berada dilingkup kelompok teman sebayanya.II.
Faktor- faktor yang menyebabkan tawuran
pelajarBerikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan tawuran pelajar,
diantaranya :
-Faktor Internal
Faktor internal ini terjadi
didalam diri individu itu sendiri yang berlangsung melalui prosesinternalisasi
diri yang keliru dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya dan
semuapengaruh yang datang dari luar. Remaja yang melakukan perkelahian biasanya
tidak mampumelakukan adaptasi dengan lingkungan yang kompleks. Maksudnya, ia
tidak dapatmenyesuaikan diri dengan keanekaragaman pandangan, ekonomi, budaya
dan berbagaikeberagaman lainnya yang semakin lama semakin bermacam-macam. Para
remaja yangmengalami hal ini akan lebih tergesa-gesa dalam memecahkan segala
masalahnya tanpa berpikirterlebih dahulu apakah akibat yang akan ditimbulkan.
Selain itu, ketidakstabilan emosi pararemaja juga memiliki andil dalam
terjadinya perkelahian. Mereka biasanya mudah friustasi, tidak mudah mengendalikan
diri, tidak peka terhadap orang-orang disekitarnya. Seorang remajabiasanya
membutuhkan pengakuan kehadiran dirinya ditengah-tengah orang-orang
sekelilingnya.
-Faktor Eksternal
Faktor eksternal
adalah faktor yang datang dari luar individu, yaitu :
-Faktor Keluarga
Keluarga adalah tempat
dimana pendidikan pertama dari orangtua diterapkan. Jika seorang
anak terbiasa melihat kekerasan yang dilakukan didalam keluarganya maka
setelah ia tumbuh menjadiremaja maka ia akan terbiasa melakukan kekerasan karena
inilah kebiasaan yang datang darikeluarganya. Selain itu ketidak harmonisan
keluarga juga bisa menjadi penyebab kekerasanyang dilakukan oleh pelajar.
Suasana keluarga yang menimbulkan rasa tidak aman dan tidak menyenangkan
serta hubungan keluarga yang kurang baik dapat menimbulkan bahaya
psikologisbagi setiap usia terutama pada masa remaja.
Menurut Hirschi (dalam
Mussen dkk, 1994). Berdasarkan hasil penelitian ditemukanbahwa salah
satupenyebab kenakalan remaja dikarenakan tidak berfungsinya orang tua sebagai
figure teladanyang baik bagi anak (hawari, 1997).Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan bahwa salah satu penyebab kenakalan remajadikarenakan tidak
berfungsinya orang tua sebagai figure teladan yang baik bagi anak
(hawari,1997). Jadi disinilah peran orangtua sebagai penunjuk jalan anaknya
untuk selalu berprilakubaik.
-Faktor Sekolah
Sekolah tidak hanya
untuk menjadikan para siswa pandai secara akademik namun juga pandaisecara
akhlaknya . Sekolah merupakan wadah untuk para siswa mengembangkan diri menjadilebih
baik. Namun sekolah juga bisa menjadi wadah untuk siswa menjadi tidak baik, hal
inidikarenakan hilangnya kualitas pengajaran yang bermutu. Contohnya disekolah
tidak jarangditemukan ada seorang guru yang tidak memiliki cukup kesabaran
dalam mendidik anak muruidnya akhirnya guru tersebut menunjukkan
kemarahannya melalui kekerasan. Hal ini bisasaja ditiru oleh para siswanya.
Lalu disinilah peran guru dituntut untuk menjadi seorang pendidik yang
memiliki kepribadian yang baik.
-Faktor Lingkungan
Lingkungan rumah dan
lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perilaku remaja.Seorang remaja yang
tinggal dilingkungan rumah yang tidak baik akan menjadikan remajatersebut ikut
menjadi tidak baik. Kekerasan yang sering remaja lihat akan membentuk
polakekerasan dipikiran para remaja. Hal ini membuat remaja bereaksi anarkis.
Tidak adanyakegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu senggang oleh para
pelajar disekitar rumahnya juga bisa mengakibatkan tawuran.
2. Hal yang menjadi
pemicu tawuranTak jarang disebabkan oleh saling mengejek atau bahkan hanya
saling menatap antarsesama pelajar yang berbeda sekolahan. Bahkan saling
rebutan wanita pun bisa menjadi pemicutawuran. Dan masih banyak lagi
sebab-sebab lainnya.
BAB III
PEMBAHASAN
Tawuran antar pelajar adalah pertemuan antara dua
atau lebih kelompok yang sama-sama kurangberpendidikan mampu menimbulkan
perkelahian diantara mereka ditempat umum sehinggaorang lain yang tidak
bersalah banyak menjadi korban. Tawuran antar pelajar ini termasuk kedalam
jenis penyimpangan kolektif (group deviaton) dimana pelajar yang berlaku
dalammasyarakatsehingga menimbulkan keresahan, ketidak amanan, ketidak nyamanan
serta tindak kriminalitas lainnya. Tawuran antar pelajar dapat dihasilkan
dari adanya pergaulan ataupertemanan sekelompok orang yang menimbulkan
solidaritas antar anggotanya sehingga mautidak mau terkadang harus ikut tindak
kenakalantersebut. Padahal mereka pun sadar bahwadengan mereka ikut serta
dalamtawuran antar pelajar tersebut akan merugikan dirinya sendiri
danmasyarakat,namun ironisnya mereka menganggap itu semua sebagai cara mereka
untuk mempertahankan kelompok atau sekolah mereka masing-masing.Pengaruh
Buruk Dari Orang Tua, Tingkah Laku kriminal dan TindakanAsusila.Pengaruhburuk dari
orang tua dapat juga menjadi faktor penyebabterjadinya tawuran antar
pelajar.Sebagai contohnya ketika terjadi percekcokan antara ayah dan ibunya,
dan terlebih sang ayahselalumelakukan tindakan asusila seperti memukul istrinya
dan tanpa disadarisang anak melihatkejadian tersebut sehingga sang anak
cenderung inginmempraktekan apa yang terjadi pada orangtuanya. Disini kembali
lagi pada prinsip awal bahwa baik buruknya seorang anak dipengaruhiolehsikap
dan tingkah laku orang tuanya.Lingkungan sekolah yang tidak menguntungkan bisa
berupa bangunansekolah yang tidak memenuhi persyaratan, tanpa halaman
bermain yang cukupluas, tanpa ruangan olah raga,minimnya fasilitas ruang
belajar, jumlah murid didalam kelas yang terlalu padat, ventilasi dansanitasi
udara yang buruk dan lainsebagainya.Seorang remaja yang tinggal dilingkungan
rumah yang tidak baik akan menjadikanremaja tersebut ikut menjadi tidak baik.
Kekerasan yang sering remaja lihat akan membentuk pola kekerasan dipikiran
para remaja. Hal ini membuat remaja bereaksi anarkis.
Tak jarang disebabkan oleh saling mengejek atau
bahkan hanya saling menatap antarsesama pelajar yang berbeda sekolahan. Bahkan
saling rebutan wanita pun bisa menjadi pemicutawuran. Dan masih banyak lagi
sebab-sebab lainnya.
Dampak karena tawuran pelajar :
·
Kerugian fisik, pelajar yang ikut
tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itucedera ringan, cedera berat,
bahkan sampai kematian.
·
Masyarakat sekitar juga dirugikan.
Contohnya : rusaknya rumah warga apabila pelajar yang tawuran itu melempari
batu dan mengenai rumah warga.
·
Terganggunya proses belajar
mengajar.
·
Menurunnya moralitas para pelajar.
·
Hilangnya perasaan peka, toleransi,
tenggang rasa, dan saling menghargai
Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi tawuran pelajar:
·
Memberikan pendidikan moral untuk
para pelajar
·
Menghadirkan seorang figur yang baik
untuk dicontoh oleh para pelajar. Seperti hadirnyaseorang guru, orangtua, dan
teman sebaya yang dapat mengarahkan para pelajar untuk selalubersikap
baik
·
Memberikan perhatian yang lebih
untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jatidiri
·
Memfasilitasi para pelajar untuk
baik dilingkungan rumah atau dilingkungan sekolah untuk melakukan
kegiatan-kegiatan yang bermanfaat diwaktu luangnya. Contohnya :
membentuk ikatan remaja masjid atau karangtaruna dan membuat acara-acara
yang bermanfaat, mewajibkansetiap siswa mengikuti organisasi atau
ekstrakulikuler disekolahnya
Kartini kartono pun menawarkan beberapa cara untuk
mengurangi tawuran remaja, diantaranya :
·
Banyak mawas diri, melihat kelemahan
dan kekurangan sendiri dan melakukan koreksiterhadap kekeliruan yang sifatnya
tidak mendidik dan tidak menuntun
·
Memberikan kesempatan kepada remaja
untuk beremansipasi dengan cara yang baik dansehatc.
·
Memberikan bentuk kegiatan dan
pendidikan yang relevan dengan kebutuhan remajazaman sekarang serta kaitannya
dengan perkembangan bakat dan potensi remaja
BAB IV
PENUTUP
1.Kesimpulan dan Saran
A.Kesimpulan
Faktor yang menyebabkan tawuran remaja tidak lah
hanya datang dari individu siswa itu sendiri.Melainkan
juga terjadi karena faktor-faktor lain yang datang dari luar individu,
diantaranyafaktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor lingkungan.
Para pelajar yang umumnya masih berusia remaja
memiliki kencenderungan untuk melakukanhal-hal diluar dugaan yang mana
kemungkinan dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain,maka inilah peran
orangtua dituntut untuk dapat mengarahkan dan mengingatkan anaknya jikasang
anak tiba-tiba melakukan kesalahan. Keteladanan seorang guru juga tidak dapat
dilepaskan.Guru sebagai pendidik bisa dijadikan instruktur dalam pendidikan
kepribadian para siswa agarmenjadi insan yang lebih baik.Begitupun dalam
mencari teman sepermainan. Sang anak haruslah diberikan pengarahan dariorang
dewasa agar mampu memilih teman yang baik. Masyarakat sekitar pun harus
bisamembantu para remaja dalam mengembangkan potensinya dengan cara mengakui
keberadaanya.
B.Saran
Dalam menyikapi masalah remaja terutama tentang
tawuran pelajar diatas, penulis memberikanbeberapa saran. Diantaranya :
·
Keluarga sebagai awal tempat
pendidikan para pelajar harus mampu membentuk pola pikiryang baik untuk para
pelajar
·
Masyarakat mesti menyadari akan
perannya dalam menciptakan situasi yang kondusif
·
Lembaga pendidikan formal sudah
semestinya memberikan pelayanan yang baik untuk membantu para pelajar
mengasah kemampuan dan mengembangkan segala potensi yang adadidalam dirinya
DAFTAR PUSTAKA
·
Dr. Sofyan, S,
Willis, M.Pd, Remaja dan Masalahnya, ALFABETA, 1995, hal141
·
Singgih D. Gunarsa dan N. Y. Singgih
D. Gunarsa, Psikologi PerkembanganAnak dan Remaja, PT. BPK Gunung Mulia,
Jakarta, 1983, hal. 180
·
R. Sugandhi, Op
cit hal 366
·
Tongat, Sh, M.Hum, Op cit hal 69
Teman-teman blogger, sekian dari saya yaa, semoga makalah di atas bermanfaat buat agan-agan. Jangan lupa komentarnya oke ;)
kata kunci : tawuran, makalah tawuran antar pelajar, siswa tawuran, penyebab tawuran, cara mengatasi tawuran, tawuran pelajar, tawuran antar siswa, artikel tawuran antar pelajar
Teman-teman blogger, sekian dari saya yaa, semoga makalah di atas bermanfaat buat agan-agan. Jangan lupa komentarnya oke ;)
kata kunci : tawuran, makalah tawuran antar pelajar, siswa tawuran, penyebab tawuran, cara mengatasi tawuran, tawuran pelajar, tawuran antar siswa, artikel tawuran antar pelajar
Tuesday 19 March 2013
Dehidrasi
Haloo.. Kali ini saya akan menjelaskan ke agan tentang pentingnya air minum bagi tubuh kita, terutama penyebab kekurangan cairan dalam tubuh, serta cara menanggulanginya ^^
Simaklah bacaan di bawah ini :D
Musim kemarau di Indonesia pada bulan April sampai september harus diwaspadai, karena membawa ancaman dehidrasi. Terutama pada masyarakat yang banyak aktivitas, namun asupan minumannya kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, asupan cairan haruslah seimbang antara yang keluar dengan yang masuk. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respons rendah, saluran hidung kering, bibir kering dan pecah-pecah, urin berwarna terlalu kuning atau gelap, tubuh lemah, letih, dan halusinasi.
Jika tidak cepat diatasi, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan tubuh tidak mampu membuang sisa-sisa proses metabolisme yang beracun, bahkan pada kondisi ekstrem bisa pingsan. Hasil penelitian bahwa tanpa air manusia hanya bisa bertahan hidup selama sembilan sampai sepuluh hari, sedangkan tanpa makanan selama 45-65 hari.
Perlunya mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air atau berbagai jenis cairan setiap hari. Mereka yang dianjurkan minum sebanyak itu adalah yang kurang beraktifitas fisik, seperti manula, berada dalam suhu atau cuaca dingin, dan orang yang banyak mengonsumsi makanan berair.
Konsumsi lebih dari dua liter cairan per hari dibutuhkan untuk mereka yag beraktifitas fisik tinggi atau berada dalam cuaca panas. Khusus atlet dan pekerja luar ruangan dianjurkan meminum 2000-5000 cc per hari, sementara untuk atlet yang beraktifitasnya dalam ruangan dan aktifitas fisiknya tidak tinggi bisa meminum 2000 cc per hari.
Untuk atlet yang melakukan aktifitas fisik tinggi seperti pembalap sepeda jarak jauh dan dalam cuaca panas memerlukan asupan cairan lebih banyak, bisa mencapai 5000 cc per hari. Cairan memiliki arti luas. Selain air murni, cairan untuk kebutuhan tubuh juga mencakup makanan, jus, teh, susu, minuman ringan, bahkan jenis makanan dengan komposisi air tinggi seperti sup.
Sementara air segar adalah minuman sehat alami karena tidak mengandung kalori dan mengandung fluoride yang baik untuk gizi, sedangkan susu termasuk penting (khususnya untuk anak-anak) yang juga dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan, berbagai minuman ringan seperti minuman bersoda juga menjadi pemasuk cairan bagi tubuh untuk menanggulangi dehidrasi.
Tubuh juga memerlukan minuman mengandung kalori dan gula, terutama bagi yang beraktifitas tinggi. Jadi, apa pun jenis minumannya, itu sangat penting bagi tubuh, baik berupa air putih ataupun minuman bersoda yang memiliki rasa menarik dan segar. Tidak ada pantangan asal disesuaikan dengan keluarnya cairan dan masuknya cairan dalam tubuh kita.
Sekian yaa dari saya, semoga bermanfaat banget deh buat agan-agan. Kalau ada yang mau bertanya tinggal komenter saja, dan follow blog aku juga yaa :-D
sumber: http://liputan6.com
keyword: Hati-hati dengan dehidrasi, hati-hati terkena dehidrasi, hati-hati kurang minum, kekurangan cairan tubuh, tubuh kekurangan air, dehidrasi berbahaya, bahaya dehidrasi
Simaklah bacaan di bawah ini :D
Musim kemarau di Indonesia pada bulan April sampai september harus diwaspadai, karena membawa ancaman dehidrasi. Terutama pada masyarakat yang banyak aktivitas, namun asupan minumannya kurang atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindari hal ini, asupan cairan haruslah seimbang antara yang keluar dengan yang masuk. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respons rendah, saluran hidung kering, bibir kering dan pecah-pecah, urin berwarna terlalu kuning atau gelap, tubuh lemah, letih, dan halusinasi.
Jika tidak cepat diatasi, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan tubuh tidak mampu membuang sisa-sisa proses metabolisme yang beracun, bahkan pada kondisi ekstrem bisa pingsan. Hasil penelitian bahwa tanpa air manusia hanya bisa bertahan hidup selama sembilan sampai sepuluh hari, sedangkan tanpa makanan selama 45-65 hari.
Perlunya mengonsumsi 1,5 hingga 2 liter air atau berbagai jenis cairan setiap hari. Mereka yang dianjurkan minum sebanyak itu adalah yang kurang beraktifitas fisik, seperti manula, berada dalam suhu atau cuaca dingin, dan orang yang banyak mengonsumsi makanan berair.
Konsumsi lebih dari dua liter cairan per hari dibutuhkan untuk mereka yag beraktifitas fisik tinggi atau berada dalam cuaca panas. Khusus atlet dan pekerja luar ruangan dianjurkan meminum 2000-5000 cc per hari, sementara untuk atlet yang beraktifitasnya dalam ruangan dan aktifitas fisiknya tidak tinggi bisa meminum 2000 cc per hari.
Untuk atlet yang melakukan aktifitas fisik tinggi seperti pembalap sepeda jarak jauh dan dalam cuaca panas memerlukan asupan cairan lebih banyak, bisa mencapai 5000 cc per hari. Cairan memiliki arti luas. Selain air murni, cairan untuk kebutuhan tubuh juga mencakup makanan, jus, teh, susu, minuman ringan, bahkan jenis makanan dengan komposisi air tinggi seperti sup.
Sementara air segar adalah minuman sehat alami karena tidak mengandung kalori dan mengandung fluoride yang baik untuk gizi, sedangkan susu termasuk penting (khususnya untuk anak-anak) yang juga dikenal berfungsi sebagai antioksidan. Bahkan, berbagai minuman ringan seperti minuman bersoda juga menjadi pemasuk cairan bagi tubuh untuk menanggulangi dehidrasi.
Tubuh juga memerlukan minuman mengandung kalori dan gula, terutama bagi yang beraktifitas tinggi. Jadi, apa pun jenis minumannya, itu sangat penting bagi tubuh, baik berupa air putih ataupun minuman bersoda yang memiliki rasa menarik dan segar. Tidak ada pantangan asal disesuaikan dengan keluarnya cairan dan masuknya cairan dalam tubuh kita.
Sekian yaa dari saya, semoga bermanfaat banget deh buat agan-agan. Kalau ada yang mau bertanya tinggal komenter saja, dan follow blog aku juga yaa :-D
sumber: http://liputan6.com
keyword: Hati-hati dengan dehidrasi, hati-hati terkena dehidrasi, hati-hati kurang minum, kekurangan cairan tubuh, tubuh kekurangan air, dehidrasi berbahaya, bahaya dehidrasi
Thursday 14 March 2013
Betapa Kecilnya Kita di Hadapan Allah SWT
Lihat dan bayangkan betapa kecilnya kita di alam semesta ini..
di manakah posisi bumi yang kita tinggal?
bintang-bintang di galaksi ibarat sebutir pasir di gurun..
apalagi BUMI
apalagi MANUSIA!!
jika seseorang memiliki bumi ini secara pribadi dan hanya milik dia sendiri, maka dia hanya menguasai debu yang tidak berarti bahkan lebih kecil lagi..
jadi pantaskah kita sombong? pernahkah kalian sombong? apa yang kalian sombongkan? kita sadar bahwa manusia tidak punya apa-apa..
Hanya Allah lah yang berkuasa dan mempunyai segalanya..
Allah Maha Besar..
Mari tingkatkan iman kita =))
Penjelasan mengenai Betapa Kecilnya Kita, saya akan menunjukkan ke agan sebuah aplikasi yang sangat bagus, namanya "The Scale of the Universe 2". Di bawah ini ada linknya. Selamat menikmati aplikasinya dan merasakan betapa kecilnya kita ^-^
klik untuk melihat aplikasi ==> di sini ^-^ <==
Jadi, kita tidak boleh sombong atau pamer sama apa yang kita miliki dan kita capai... :D
1. Inilah tempat yang kita tinggal.
2. Perbandingan Bumi dengan planet-planet yang lebih kecil.
3. Perbandingan Bumi dengan semua planet di Tata Surya.
4. Sistem Tata Surya dan posisi Bumi.
5. Perbandingan Bumi dengan planet-planet dan matahari.
6. Perbandingan Matahari dengan Sirius.
7. Perbandingan Sirius dengan bintang-bintang lainnya.
8. Perbandingan Antares dengan VY Canis Majoris (bintang terbesar yang diketahui pada tahun 2013)
9. Perbandingan Matahari dengan UY Scuti (bintang terbesar yang diketahui saat ini)
Semoga bermanfaat :)
Thank you
kata kunci: betapa kecilnya manusia, kecilnya manusia, kebesaran Tuhan, kebesaran Allah swt.
Tuesday 12 March 2013
Ilmu Manusia Hanya Setetes Air, Dibanding Ilmu Allah yang Seluas Lautan.
Ilmu seluruh manusia dari nabi Adam hingga akhir zaman,
apabila dikumpulkan tak lebih hanya setetes air. Dibanding ilmu Allah bagaikan
seluruh samudra yang sangat luas.
Ada kata hikmah yang menyatakan : “Ilmu ada tiga tahapan.
Jika seorang memasuki tahapan pertama, ia akan sombong. Jika ia memasuki
tahapan kedua ia akan tawadhu’. Dan jika ia memasuki tahapan ketiga ia akan
merasa dirinya tidak ada apa-apanya”.
Maksud kata hikmah tersebut adalah :
Pada tahapan pertama, seorang penuntut ilmu yang baru
belajar biasanya akan sombong. Ia tidak menyadari keadaan dirinya dan mengira
telah mencapai kedudukan yang mulia. Bahkan tak jarang ia melecehkan ulama yang
lebih alim darinya. Padahal dirinyalah yang masih jahil dan masih banyak
kekurangannya. Orang alim dapat mengenali orang jahil karena dia dulunya juga
jahil. Sedangkan orang jahil tidak mengetahui orang alim karena dia belum
pernah jadi orang alim.
Pada tahapan kedua, ia akan tawadhu’ karena mulai merasakan bahwa ilmunya tidak seberapa dan ternyata masih banyak yang belum diketahuinya. Ia pun mulai sadar akan kekurangan dirinya, dan ini menuntunnya untuk lebih banyak belajar dan menimba ilmu yang berguna.
Pada tahapan ketiga, ia merasa tidak ada apa-apanya karena ternyata ilmu bagaikan samudera tak bertepi. Bahkan jika ia menghabiskan seluruh hidupnya untuk menuntut ilmu, maka yang ia dapatkan masih sedikit karena lautan ilmu tak terhingga luasnya.
“Tak ada seorangpun yang dapat menguasai semua ilmu yang ada,
Tak akan bisa, meskipun ia mempelajarinya selama seribu tahun lamanya”.
Maka dari itu sadarilah bahwa ilmu yang kita miliki tidak lebih hanya bagaikan setetes air yang jatuh di tengah samudera yang sangat luas jika dibandingkan dengan ilmu Allah. Apabila sudah begitu maka tidak sepantasnyalah kita sebagai manusia untuk menyombongkan diri terhadap ilmu yang dimilikinya.
Coba lihatlah sifat air yang selalu mengalir dari tempat yang tertinggi ke tempat yang lebih rendah. Menandakan sifat air yang selalu rendah hati, jika telah sampai di samudera maka tinggi air akan sama rata, menandakan bahwa kita semua memang sama sebagai makhluk Tuhan. Yang membedakan antara kita dengan yang lain hanyalah ketakwaan kita.
Dikutip dalam Al-Quran surah Al-Kahfi ayat 109 yang berbunyi:
Dikutip dalam Al-Quran surah Al-Kahfi ayat 109 yang berbunyi:
Maka dapat dianalisis bahwa jika Ilmu Allah dituliskan
dengan tinta sebanyak air di samudra tidak akan cukup walaupun diberi tambahan
tinta sebanyak itu pula.
Semoga bermanfaat :)
kata kunci : ilmu manusia dan ilmu Allah, ilmu manusia, ilmu manusia setetes air, ilmu manusia lemah, ilmu manusia terbatas, akal manusia terbatas, luasnya ilmu Allah
Baca juga artikel yang bermanfaat ini: Belajar Gitar untuk Pemula dan Bukti Adanya Tuhan dengan Ilmu Pengetahuan
kata kunci : ilmu manusia dan ilmu Allah, ilmu manusia, ilmu manusia setetes air, ilmu manusia lemah, ilmu manusia terbatas, akal manusia terbatas, luasnya ilmu Allah
Baca juga artikel yang bermanfaat ini: Belajar Gitar untuk Pemula dan Bukti Adanya Tuhan dengan Ilmu Pengetahuan
Subscribe to:
Posts (Atom)