Monday 27 April 2020

Jurusan Fisika (Akademik)

Assalamu'alaikum wr wb.
Selamat datang di febrianadit blog :)
Kali ini saya akan menceritakan pengalaman akademik saya sendiri selama saya kuliah mengambil jurusan fisika. Jadi saya adalah seorang alumni jurusan fisika di Universitas Padjadjaran (UNPAD). Saya mendaftar jurusan fisika UNPAD pada tahun 2015 melalui jalur SNMPTN. Di sini saya akan menjelaskan kurikulum saya, yaitu kurikulum 2011 di jurusan fisika UNPAD.

  • Mulai dari semester 1, terdapat mata kuliah Fisika Dasar 1, Matematika Dasar 1, dan mata kuliah lain yang di mana mempelajari mirip dengan pelajaran-pelajaran waktu SMA. Pada semester awal masih mempelajari yang dasar-dasar agar tidak kaget memasuki pelajaran waktu kuliah. Fisika dasar yang dipelajari mengulang pelajaran fisika waktu SMA tetapi lebih kompleks atau lebih rumit sedikit. Pada semester ini, ada kegiatan ospek universitas, ospek fakultas, dan ospek jurusan. Jadi selain sibuk kuliah, ternyata sibuk mengikuti ospek juga. Selain kuliah teori, adapula praktikum yaitu Praktikum Fisika Dasar 1 dan Praktikum Kimia Dasar. Nah praktikum yang dilaksanakan memiliki tugas laporan awal dan laporan akhir. Pada saat jadwal praktikum, akan dilaksanakan speaken dan prakteknya. Speaken adalah presentasi awal sebelum melakukan prakteknya, tetapi ini dilaksanakan berkelompok jadi enjoy saja yaa. Jadi menurut saya, lebih berat tugas praktikum daripada tugas kuliah teori.
  • Pada semester 2, mata kuliah yang dipelajari mulai sedikit kompleks, tetapi masih ada yang dipelajari waktu SMA, seperti mata kuliah Bahasa Indonesia Ilmiah, Agama, Fisika Dasar 2, Matematika Dasar 2. Pada semester ini mulai ada mata kuliah yang kompleks seperti Fisika Matematika 1 atau disingkat dengan FISMAT. Mata kuliah ini saya bilang lumayan rumit, jadi sebelum kalian paham FISMAT, harus paham fisika dasar (pelajaran fisika waktu sma) dan matematika dasar (kalkulus) terlebih dahulu. Dikarenakan banyak perhitungan yang panjang dan kalian harus paham matematikanya. Pada semester ini, terdapat Praktikum Fisika Dasar 2 dan Praktikum Algoritma Pemrograman. Pada Praktikum Fisika Dasar 2 merupakan lanjutan dari Praktikum Fisika Dasar 1. Sedangkan Praktikum Algoritma Pemrograman yaitu mempelajari Bahasa C atau pemrograman dasar, jadi kalian akan diajari cara membuat pemrograman untuk pertama kalinya karena waktu SMA tidak pernah mempelajarinya.
  • Pada semester 3, mata kuliah fisika dasar dan matematika dasar sudah selesai. Lalu ada mata kuliah lanjutan yaitu Fisika Matematika 2 atau FISMAT 2. Mata kuliah ini lumayan agak rumit, kadang satu soal memiliki jawaban sepanjang 2 halaman kertas polio atau lebih. Dan sampai sekarang saya masih kurang paham haha. Pada semester ini ada mata kuliah elektronika 1 yang mempelajari tentang kelistrikan secara fisika, misalnya impedansi. Tetapi menggunakan persamaan yang kompleks yang artinya terdapat bilangan imajiner di dalamnya. Praktikum yang ada pada semester 3, yaitu Praktikum Elektronika 1. Praktikum ini terdiri dari 5 modul. 1 modul untuk 2 minggu. Tetapi jadwal praktikumnya seminggu sekali. Minggu pertama adalah speaken, kemudian minggu kedua adalah prakteknya. Selain Praktikum Elektronika 1, terdapat Praktikum Metode Numerik. Praktikum ini merupakan lanjutan dari Praktikum Algoritma Pemrograman. Jadi setelah memahami pemrograman algoritmanya, maka akan mempelajari cara pemrograman untuk mengaplikasikan pada persamaan fisika. Sungguh mantap bukan? Kemudian ada juga Praktikum Eksperimen 1A, ini adalah praktikum yang paling asik dan yang paling aku sukai selama kuliah di jurusan fisika karena prakteknya yang menyenangkan. Tetapi tugasnya lumayan numpuk, yaitu ada laporan awal dan laporan akhir praktikum.
  • Pada semester 4, terdapat mata kuliah fisika matematika 3 atau FISMAT 3. Ini adalah mata kuliah FISMAT final. Selain itu, ada mata kuliah lanjutan Elektronika 2. Sedangkan praktikumnya adalah elektronika 2 dan eksperimen 1B. Masing-masing praktikum tersebut memiliki 5 modul. Dan dilaksanakan 2 minggu untuk 1 modul. Pada semester ini pula terdapat mata kuliah fisika modern dan listrik magnet.
  • Pada semester 5, setelah FISMAT berakhir, lalu muncul mata kuliah yang menurut saya paling rumit selama kuliah di jurusan fisika yaitu Fisika Kuantum atau dalam bahasa inggrisnya Quantum Physics. Yang di mana mata kuliah ini sudah bukan fisika klasik lagi. Selain kuantum, ada juga mata kuliah Fisika Statistik. Bayangkan jika fisika disatukan dengan statistika, pasti mantap hehe.. Selain teori, terdapat Praktikum Eksperimen 2A dan Praktikum Instrumentasi Pengukuran. Oiya mulai dari semester 5, ada penjurusan lagi. Di dalam jurusan fisika terdapat peminatan lagi, yaitu Fisika Energi, Fisika Material, dan Fisika Instrumentasi. Jadi karena saya memilih peminatan instrumentasi, maka yang ada yaitu Praktikum Instrumentasi. Untuk teorinya, ada mata kuliah Instrumentasi Pengukuran dan Sensor Aktuator. 
  • Pada semester 6, terdapat Praktikum Eksperimen 2B untuk umum. Dan khusus untuk peminatan instrumentasi yaitu Praktikum PSEC dan SISKEN. PSEC adalah singkatan dari pengolahan sinyal elektronika dan citra. Sedangkan SISKEN adalah singkatan dari sistem kendali. Jadi pada kedua praktikum ini mempelajari pemrograman lagi, software yang digunakan adalah MATLAB. Selain praktikum, ada juga teorinya yaitu mata kuliah PSEC dan SISKEN. Untuk mata kuliah umumnya, ada Fisika Komputasi dan Metode Penelitian.
  • Pada semester 7, untuk mata kuliah umum hanya ada Pemodelan saja, sisanya adalah peminatan. Pada semester ini, SKS berkurang sehingga saya waktu itu memilih untuk mengulang mata kuliah semester lalu yang dapat nilai kurang memuaskan dan praktikum yang gagal hehe. Mata kuliah peminatan pada semester 7 adalah SMD atau singkatan dari Sistem Mikroprosessor Digital, dan juga ada praktikumnya. Pada praktikum SMD mempelajari pemrograman pada MATLAB lalu diupload ke mikrokontroler AT89C51. Pada SMD sangat banyak pengaplikasiannnya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Pada semester 8, sudah tidak ada lagi SKS. Jadi saya mengambil mata kuliah ngulang hehe. Pada semester ini saya mulai mempelajari tentang kehidupan skripsi dari teman saya. Teman saya udah mulai mengerjakan skripsi, sedangkan saya belum hehe.
  • Terakhir pada semester 9, saya masih mengambil mata kuliah ngulang dan sedang berjuang mengerjakan skripsi saya. Skripsi saya adalah tentang intrumentasi pengukuran sesuai peminatan saya. Alur pengerjaan skripsi di jurusan fisika UNPAD memiliki 5 sidang, yaitu 4 kali seminar dan 1 kali sidang akhir. Setelah sidang akhir, diadakan yudisium untuk dinyatakan lulus dan nilai IPK akhir.
Okay, mungkin sekian saja yang bisa saya bagikan pengalaman saya selama kuliah di jurusan fisika. Semoga bermanfaat. Jangan anggap fisika sulit yaa, kalau kalian bisa kalian akan bangga hehe :)
Wassalamualaikum wr. wb.

No comments: