Thursday 30 April 2020

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Assalamu'alaikum wr. wb.
Selamat datang di Febrianadit blog. Pada kesempatan ini, penulis akan menjelaskan perbedaan dua jalur untuk memasuki universitas negeri di Indonesia, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Berikut adalah penjelasannya:
  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
          SNMPTN adalah jalur masuk ke universitas negeri tanpa tes. Jadi sistem jalur ini menyeleksi dengan cara melihat nilai rapot siswa dari semester 1 sampai semester 5. Selain rapot, sistem ini juga melihat prestasi siswa, prestasi sekolah, dan akreditasi sekolah. Sehingga tidak sepenuhnya ditentukan oleh rapot. Sistem kerja SNMPTN masih sebuah misteri, karena cara seleksi yang tidak diketahui oleh siapapun, kecuali petugas penyeleksi jalur SNPMTN itu sendiri. Tetapi kita dapat memanfaatkan peluang yang besar untuk lolos melewati jalur SNPMTN dengan cara berikut:
  1. Rajin Belajar dari semester 1 sampai kalian lulus,
  2. Pertahankan nilai rapot, diusahakan agar nilai tidak turun dari semester ke semester selanjutnya. Biasanya guru akan mengasih nilai sedang terlebih dahulu pada semester 1 walaupun nilai ujian kalian tinggi dikarenakan kasus jalur SNPMTN ini,
  3. Mengikuti lomba baik akademik maupun non-akademik, lebih baik dapat juara. Apalagi jika kalian lolos ke tingkat nasional, kemungkinan besar peluang lolos SNPMTN sangat besar. Contoh lomba yang saya ikuti waktu SMA adalah Olimpiade Sains Nasional. Jika tidak mendapat juara, tidak apa-apa. Gunakan sertifikat sebagai peserta saja untuk SNMPTN nanti.
  4. Akreditasi sekolah dan prestasi sekolah juga mempengaruhi hasil SNPMTN. Kalian sangat beruntung jika berada di sekolah favorit di kota kalian masing-masing. Untuk yang masih SMP, pilihlah SMA favorit yang terkenal sekolah terbaik di kota kalian. Jika kalian sudah SMA, jangan menyesal, tetaplah berjuang. Rencana Allah yang terbaik. Semangat!! :-)
  5. Banyak berdoa dan minta doa orang tua.

  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
          SBPMTN adalah jalur masuk ke universitas negeri dengan adanya tes. Jadi sistem jalur ini menyeleksi dengan cara melihat hasil test kalian pada hari itu juga. Jadi setelah mendaftar, kalian akan mendapat jadwal ujian berupa tanggal, jam, dan tempat. Biasanya yang mengikuti jalur SBMPTN adalah siswa yang tidak lolos melewati jalur SNMPTN. Jadi jalur ini adalah alternatif kedua, maka janganlah putus asa ;-). Untuk memanfaat peluang yang besar untuk lolos SBMPTN yaitu dengan tips berikut:
  1. Tetaplah semangat setelah mendapat pengumuman SNMPTN kalian yang kurang beruntung.
  2. Belajar materi yang akan ada pada test nanti, saran beli buku SBMPTN.
  3. Kursus atau les privat, tetapi jika ingin belajar sendiri juga gapapa :-)
  4. Cukuplah istirahat, jaga pola makan, rajin olahraga, supaya saat belajar jadi segar. Tips ini juga penting banget untuk menjaga kesehatan dan kefokusan kalian pada saat pelaksaan test nanti.
  5. Memahami tips mengerjakan soalnya, jika tidak ada sistem minus maka kerjakan semuanya, jika ada sistem minus maka kerjakan yang mudah terlebih dahulu, jangan terlalu lama pada satu soal saja karena akan menghabiskan waktu ujian.
  6. Banyak berdoa dan minta doa orang tua.
Okay Guys. Itulah perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, serta bonus ditambah tips-tipsnya hehe.
Wassalamu'alaikum

No comments: