Tuesday 5 May 2020

Tugas Akhir (Skripsi)

Assalamu'alaikum sahabat blogger
Selamat datang di Febrianadit blog, kali ini saya akan menjelaskan kronologi tugas akhir di kampus saya. Mungkin ini gambaran buat semua jurusan secara umum. Jadi saya berkuliah S1 di jurusan fisika universitas padjadjaran. Saya menamatkan kuliah saya selama 9 semester, jadi saya mengerjakan tugas akhir saya pada semester 9.

Okay, jadi tugas akhir atau nama lainnya adalah "skripsi" adalah suatu tugas besar atau mata kuliah yang diberikan pada semester akhir. Untuk mendapat mata kuliah skripsi, terdapat syaratnya, yaitu harus lulus mata kuliah minimal 125 SKS. Jika sudah, baru bisa mengambil mata kuliah skripsi. Berikut adalah kronologi saat saya mengambil mata kuliah skripsi:
  1. Angkatan kami diberitahukan untuk berkumpul ke aula program studi (jurusan) untuk pengarahan tentang skripsi. Pembicaranya waktu itu adalah ketua program studi.
  2. Ketua program studi akan mengadakan link website yang berisi banyak judul skripsi yang dapat dipilih. Pada website tersebut tersedia beberapa judul disertai nama dosen pembimbing utamanya.
  3. Diberikan waktu beberapa hari untuk memilih judul skripsi dari website tersebut. Jika sudah memilih, datanglah ke dosen pembimbing tersebut untuk berdiskusi tentang judul tersebut
  4. Setelah diskusi, jika sudah paham dan yakin tentang materi atau pelajaran yang berhubungan dengan judul skripsi tersebut maka lanjutkan. Jika tidak, boleh memilih judul yang lain.
  5. Jika sudah yakin dan lanjut, dosen pembimbing akan meminta untuk membuat draft proposal BAB 1 sampai dengan BAB 3 untuk mengikuti seminar usulan penelitian (UP) atau sidang pertama.
  6. Diberikan waktu beberapa bulan (biasanya 3 bulan) untuk mengerjakan draft proposal tersebut.
  7. Pelaksaan seminar UP normalnya dijadwalkan pada waktu libur panjang semester, misalnya bulan januari dan juli. Jadi waktu liburannya digunakan untuk mempersiapkan seminar UP.
  8. Saat seminar UP, terdapat 3 dosen. 1 penguji dan 2 pembimbing. Dan diberikan waktu 30 menit. 15 menit presentasi dan 15 menit pertanyaan atau diberikan saran oleh para dosen. Biasanya seminar UP selalu dinyatakan layak. Jika layak, selamat boleh diteruskan pengerjaan skripsinya pada BAB 4.
  9. Untuk mengerjakan BAB 4, lakukan hal-hal yang tertulis di BAB 3 atau metode penelitiannya. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama, paling cepat 1 semester. Untuk saintek biasanya melakukan banyak eksperimen hingga percobaannya berhasil, untuk soshum biasanya melakukan suatu survey tertentu. Setelah pengerjaan itu, dapatlah hasilnya. 
  10. Di dalam prodi saya, ada progress tiap seminggu sekali. Dan pada tengah semester diadakan seminar kemajuan atau sidang kedua, tetapi ada juga jurusan lain yang tidak mengadakan seminar kemajuan.
  11. Pada seminar kemajuan, menjelaskan apa saja yang sudah kita kerjakan baik berhasil atau tidak. Yang dipersiapkan hanya power point.
  12. Okay selanjutnya diteruskan pengerjaan skripsinya. Waktu yang diberikan bebas. Semakin rajin mengerjakan skripsi, semakin cepat anda lulus. Diusahakan pengerjaannya berhasil sesuai dengan metode pada BAB 3 sehingga pada akhirnya mendapat kesimpulan. Jika kesusahan, minta bantu kepada orang-orang yang lebih ahli atau sering aja progress ke dosen pembimbing.
  13. Setelah udah beres menulis draft skripsi sampai BAB 5 atau "kesimpulan dan saran". Maka boleh mengikuti seminar laboratorium atau sidang ketiga.
  14. Pada seminar laboratorium, yang dipersiapkan adalah power point dan draft skripsi lengkap (belum revisi). Pada saat presentasi, nanti ditanya seputar data-data yang didapat. Jika menurut dosen penguji dan pembimbing bagus, maka layak diteruskan ke seminar prodi minggu depannya.
  15. Pada waktu seminggu itu, saya melakukan revisi yang telah diberikan oleh dosen-dosen pada seminar laboratorium.
  16. Kemudian pada seminar prodi, suasananya mirip dengan seminar laboratorium, tetapi ditambah 1 dosen penguji dari luar. Pada seminar ini benar-benar menjelaskan dari awal sampai akhir pengerjaan skripsi atau puncaknya.
  17. Jika lolos, boleh mengikuti sidang sarjana 2 minggu ke depan. Dalam 2 minggu tersebut, saya mempersiapkan surat-surat dan syarat untuk mengikuti sidang sarjana. Dan juga belajar seputar judul skripsi saya.
  18. Pada saat sidang sarjana, sudah tidak menggunakan power point lagi. Yang dibutuhkan hanya papan tulis. Jadi awalnya presentasi selama 10 menit mendeskripsikan bab-bab skripsinya lalu waktu tersisa akan ada pertanyaan-pertanyaan dari para penguji. Boleh menjawab menggunakan papan tulis atau tidak juga gapapa.
  19. Kemudian pada sore hari itu, diadakan yudisium. Yaitu pengumuman kelulusan dan IPK akhir. Biasanya ketika yudisium lulus semua.
Okay, begitulah cerita saya tentang kronologi ketika mengambil mata kuliah skripsi hingga lulus sarjana. Yang bentar lagi mau skripsi semangat yaa :-)

1 comment:

The cupcake said...

Zuzurr ini bermanfaat banget sihh