Saturday 7 May 2016

Managemen Waktu dalam Mengerjakan Tugas

Halo sobat blogger, kali ini A Febrianto blog akan memposting tentang bagaimana cara mengatur waktu kalian dalam mengerjakan tugas yang besar. Saya sendiri juga kuliah di Universitas Padjajaran jurusan fisika terdapat banyak tugas besar, misalnya membuat laporan awal dan laporan akhir praktikum. Dalam 1 minggu ada 2 praktikum jadi harus membuat 2 lapaw dan 2 lapak setiap minggunya, dan itu sangat memakan waktu saya. Dalam mengerjakan tugas seperti itu biasanya memakan waktu berjam-jam, misalnya 5 jam tanpa istirahat.




Dalam mengerjakan tugas besar, kita jangan lupa dengan kesehatan kita. Jagalah pola makan kalian, pagi, siang, malam. Jangan kerjakan tugas besar itu hanya semalam karena akan membuat kita cape, kurang tidur, bisa jadi malah begadang. Tetap jagalah pola tidur kalian tiap hari 6-8 jam. Kalau sabtu minggu libur, gunakan waktu sabtu kalian untuk istirahat dan gunakan waktu minggu kalian untuk mengerjakan tugas. Menurut saya, lebih baik kerjakan tugas dari pagi sehingga sebelum magrib kemungkinan sudah selesai dan pada malam hari tinggal santai, istirahat, dan tidur yang cukup sehingga bisa menjalani esok hari dengan segar/fresh.

Banyak temen saya yang begadang untuk mengerjakan tugas seperti itu. Tapi menurut saya itu sangat tidak baik untuk kesehatan. Besok harinya ketika praktikum, malah banyak yang ngantuk dan tepar. Kita harus bisa membagi waktu, yaitu waktu tugas dan waktu istirahat. Misal ngerjain 2 jam dari jam 10 sampe 12 siang, lalu istirahat 1 jam untuk makan, sholat, dll. kemudian kerjakan tugasnya lagi 2 jam, istirahat lagi 1 jam, dan seterusnya sampe selesai. Pada saat mengerjakan tugas, lebih baik kita fokus, jangan dikit-dikit megang hp karena itu bisa melambatkan pekerjaan kita sehingga memakan lebih banyak waktu.

Jika kalian biasanya menghabiskan waktu kalian untuk main game dan lain-lain yang kurang bermanfaat, mohon itu mengorbankan waktu kalian untuk mengerjakan tugas. Kalau di waktu hari biasa (senin s.d jumat), kalian sekolah/kuliah nih. Kalian misal mendapat tugas besar individu yang harus dikumpulkan hari kamis, disuruhnya hari senin jadi kalian punya 3 hari untuk mengerjakan tugas tersebut. Caranya kalian cicil tugas tersebut dari hari senin, selasa, dan rabu. Setiap hari cicil 2 jam, jangan tunda-tunda tugas, nanti pas H-1 malah repot kebanyakan dan biasanya malah begadang. Memang mengerjakan tugas itu lelah, stress, tapi kita harus bisa mengendalikannya guys. Ini juga ada hubungannya dengan manajemen stress. Agar tidak stress, kalian rajinlah beribadah, pada hari sabtu kalau libur gunakan waktu pagi hari untuk berolahraga dan main juga boleh.

Cukup sekian yang bisa saya tulis. Semoga bermanfaat buat para pembaca :)))

keyword: cara mengatur waktu, manajemen waktu, cara memanage waktu, cara mengerjakan tugas besar, mengatur waktu untuk mengerjakan tugas, cara mengatur waktu untuk tugas besar

No comments: