Wednesday 1 February 2017

Tingkatan Shalat

Assalamu'alaikum

Halo sobat blogger, kali ini saya akan memposting tentang "level-level shalat" dalam Islam.



Level orang yang shalat itu ada 5.

1. Level yang pertama orang yang berdosa dengan shalatnya. Siapa ini orang yang berdosa? Orang yang shalat tidak sama sekali memberikan haknya. Ada orang shalat hanya karena disuruh oleh orang lain hanya karena tidak enak, mau wudhu, tidak wudhu terserah, ini berdosa nih. Percuma dia shalat, dia berdosa. Karena di sini riya' malah berdosa dengan shalatnya.

2. Ada orang yang kedua, shalat tapi tidak dapat pahala. Dia tahu diperintahkan oleh Allah tapi tidak dapat pahala. Karena dari awal takbir sampai salam, semuanya mengkhayal. Ini orang yang percuma, tidak ada pahalanya. Pada saat baca bacaan shalat tapi tidak sadar, cuma mengkhayal, lisan kita karena sudah terbiasa membacanya.

3. Yang ketiga, orang yang dapat pahala. Dapat pahala tapi pahalanya pas-pasan. Lebih banyak mengkhayal daripada fokusnya. Ini sesuai dengan sabda Nabi Saw. ada orang yang shalat tidak mendapatkan kecuali setengah pahala shalatnya. Ada orang yang shalat tidak dapat kecuali sepersepuluh dari shalatnya. Jadi ada pahalanya tapi kecil.

4. Yang keempat adalah orang yang shalat, berusaha untuk fokus, tetapi terkadang masih mengkhayal. Terkadang masih terlintas. Maka ini lebih dominasi pahala yang dia dapatkan daripada hilangnya pahala. Karena kalau kita lagi membaca Al-Qur'an atau kalau kita lagi baca bacaan shalat kemudian kita fokus, dapat konsentrasi ikutin bacaannya. Dapat pahala terus per hurufnya per gerakan juga ada pahalanya. Orang yang keempat ini adalah golongan orang yang dapat mayoritas pahala shalatnya tapi masih ada yang hilang. Bedanya tadi dengan orang yang ketiga, mayoritas pahalanya hilang. Cuma sedikit yang dia dapatkan.

5. Yang kelima ini yang luar biasa, orang yang shalat, semuanya dari takbir sampai salam fokus. Bahkan kalau mereka shalat, mereka sudah lupa dengan siapapun yang ada di sekitarnya. Mereka tidak perlu tahu tempat itu di mana mereka berada. MashaAllah manusia shalat sampai pada tingkat ini.

Semoga Bermanfaat :)
Wassalamu'alaikum


Sumber: Ustad Khalid Basalamah, Lampu Islam

Kata kunci: Lima Level Shalat, Shalat fokus, Shalat Khusyu, Level-level dalam Shalat, Lampu Islam, Ustad Khalid Basalamah

No comments: