Wednesday 1 February 2017

Tumbuhan Venus



Tumbuhan Venus atau The Venus Flytrap adalah tanaman yang mendapatkan nutrisinya dengan menangkap serangga. Perlu diketahui bahwa serangga hanya dimanfaatkan tumbuhan venus untuk memenuhi nutrisi dan bukan untuk memenuhi energi.


Tanaman venus dan ciri-cirinya
1.    Tanaman venus memiliki daun yang berbentuk engsel dan berbulu,
2.    Daunnya berwarna merah pada bagian dalam engsel untuk menarik perhatian serangga,
3.    Menguarkan bau yang harum dari kelenjar tubuhnya,
4.    Proses menutup daun Venus lebih cepat daripada kecepatan tangan manusia,
5.    Venus  tumbuh pada kandungan tanah yang bersifat asam,
6.    Mempunyai biji dan juga bunga untuk proses regenerasi.

Tumbuhan venus juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Karena memiliki biji, jadi proses pembudidayaan tanaman ini mudah untuk dilakukan, tanpa harus mencabutnya dari alam. Di pasaran, tanaman kejora ini dijual sekitar 100ribu sampai dengan 150ribu.

Cara Merawat Tanaman Venus
  • Siram tanaman kejora dengan air RO atau yang kandungan mineralnya sedikit,
  • Gunakan Moss atau lumut sebagai media tanam,
  • Siram dari bagian pinggir dan bukan atas,
  • Penyinaran pada tanaman venus jangan langsung dilakukan, akan tetapi bertahan, karena ada jenis venus yang tidak tahan akan sinar matahari,
  • Beri serangga sebagai makanan pada tanaman kejora,
  • Jangan memakai pupuk pada tanaman kejora, karena nutrisi dari serangga pun sudah mencukupi untuk bisa berkembang biak.
Tumbuhan venus disebut juga tumbuhan pemangsa serangga dan tumbuhan Venus juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ter Unik di dunia. Tanaman venus memiliki keahlian dalam menangkap serangga, sehingga venus juga dikategorikan tanaman insektivora



Cara venus memangsa

Tumbuhan yang memiliki nama latin Dioneae muscipula ini mempunyai bentuk daun mirip dengan buku yang terbuka, bagian dalam dari tumbuhan venus memiliki warna merah yang menawan dan hal ini mampu menarik perhatian serangga yang ada disekitarnya. Selain itu pada bagian tengah daun venus mengeluarkan kelenjar / cairan dan bau sedap yang membuat serangga semakin penasaran untuk menghinggapinya.


Ketika serangga hinggap diantara permukaan daun maka sistem sensor pada tumbuhan venus akan mengaktifkan sistem elektrik rumit sehingga daun tersebut akan menutup rapat-rapat, gerakan serangga yang ingin membebaskan diri dari dalam daun tersebut menjadikan daun semakin mengapit erat. Tak jarang serangga yang tak bisa lolos dari jeratan tumbuhan venus.

No comments: